[SALAH] Lagu Kebyar-Kebyar Dikumandangkan Penyanyi Kenamaan Spanyol

  • Faktanya, lagu Kebyar-kebyar dibawakan oleh Arkana—band asal Inggris—dalam konser RCTI di tahun 2015.
  • Video berisi klaim “Kebyar-kebyar dikumandangkan oleh penyanyi kenamaan Spanyol dengan backing vocal mahasiswa indonesia yang sedang kuliah di Spanyol” merupakan konten dengan konteks yang salah (false context).

Akun Facebook “Alfadha Perwira” pada Selasa (14/10/2024) mengunggah video [arsip] dengan menyertakan klaim “lagu kebyar-kebyar gubahan Gombloh dikumandangkan penyanyi kenamaan Spanyol”.

Berikut narasi lengkapnya:

“Lagu Indonesia KEBYAR KEBYAR gubahan Alm.GOMBLOH (SOEDJARWOTO) dikumandangkan oleh penyanyi kenamaan Spanyol, dan di backing vocal oleh mahasiswa² Indonesia yg sedang kuliah di Spanyol.”

Per Jumat (18/10/2024), konten tersebut sudah telah ditayangkan sebanyak lebih dari 200 kali.

Pemeriksaan Fakta

Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) pertama-tama menelusuri kebenaran klaim dengan memasukkan kata kunci “Kebyar-kebyar konser internasional” ke mesin pencarian Google.

Hasilnya, ditemukan video berdurasi 4 menit 32 detik dari kanal YouTube RCTI Entertainment yang diunggah Agustus 2015. Faktanya, lagu Kebyar-kebyar dibawakan oleh Arkana—band asal Inggris—dalam konser RCTI yang berlangsung di Studio RCTI Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Kesimpulan

Video berisi klaim “Kebyar-kebyar dikumandangkan oleh penyanyi kenamaan Spanyol dengan backing vocal mahasiswa indonesia yang sedang kuliah di Spanyol” merupakan konten dengan konteks yang salah (false context).

(Ditulis oleh Vinanda Febriani)