[SALAH] Detikcom Beritakan “Bank Indonesia Telah Menyita Rekening Nadiem Makarim”

  • Tidak ada pemberitaan Detik.com yang memuat tentang kasus tersebut.
  • Tangkapan layar berisi pemberitaan Detik.com dengan narasi “Bank Indonesia telah menyita rekening milik Nadiem Makarim” itu merupakan konten yang menyesatkan (misleading content).

Akun Twitter “opposite6892” pada Rabu (9/10/2024) mengunggah foto [arsip] tangkapan layar pemberitaan Detik.com dengan narasi “Bank Indonesia telah menyita rekening milik Nadiem Makarim”. Berikut narasi lengkapnya:

“Nadiem Makarim tidak menyadari bahwa kamera masih merekam dan mengatakan sesuatu yang tidak boleh didengar oleh penonton… Bank Indonesia telah menyita rekening Nadiem Makarim menyusul sebuah wawancara yang memalukan dimana ia mengungkapkan penghasilannya…”

Per Jumat (18/10/2024), konten tersebut sudah dibagikan ulang lebih dari 4.000 kali dan menuai hampir 30 ribu tanda suka.

Pemeriksaan Fakta

Disadur dari artikel Cek Fakta Tempo.

Untuk memverifikasi klaim di atas, ditelusuri pemberitaan terkait melalui sejumlah media kredibel. Ditelusuri juga sumber foto yang digunakan dalam unggahan. Hasilnya, tidak ditemukan bahwa Detik.com maupun media kredibel lainnya yang memberitakan Bank Indonesia menyita rekening Nadiem Makarim.

Dari penelusuran di direktori berita Detik.com sepanjang September—Oktober 2024, tidak ada artikel yang dimuat Detik menyebut tentang kasus tersebut.

Foto yang digunakan dalam unggahan telah beredar di internet sejak 2019. Foto yang identik pernah dimuat situs Analytic India Magazine pada 21 Oktober 2019 untuk artikel berjudul, “Gojek Founder & CEO Nadiem Makarim Resigns To Joins Indonesia’s New Cabinet”.

Kesimpulan

Tangkapan layar berisi pemberitaan Detik.com dengan narasi “Bank Indonesia telah menyita rekening milik Nadiem Makarim” itu merupakan konten yang menyesatkan (misleading content).

(Ditulis oleh Vinanda Febriani)