[SALAH] Potongan Video Puan dan Prabowo Mengabaikan Jokowi

  • Faktanya, narasi yang beredar di media sosial itu keliru. Video unggahan akun X @NenkMonica itu terpotong sehingga konteksnya tak utuh.
  • Video yang memperlihatkan Puan dan Prabowo mengabaikan Jokowi itu merupakan konten yang menyesatkan (misleading content).

Akun X @NenkMonica pada Rabu (2/10/2024) mengunggah potongan video yang menampilkan Ketua DPR RI Puan Maharani serta Prabowo Subianto (Presiden RI terpilih) sedang berbincang dan berjalan bersama (arsip). Terlihat juga sosok Joko Widodo (Jokowi) yang berjalan di depan, tanpa ada interaksi dengan Puan dan Prabowo. 

Unggahan disertai cuitan: 

“Sakit yg tidak berdarah, tunggu pembalasanku!
DEMI INDONESIA MAJU BU PUAN DAN PAK PRABOWO BERSATU MEMBANGUN NEGRI” 

Per Jumat (11/10/2024), konten tersebut telah ditonton sekitar 415 ribu kali, diunggah ulang 671 kali dan menuai hampir 2.500 tanda suka. Ada 300-an komentar yang merespons unggahan, salah satunya berbunyi: Jokowi diacuhkan dan tanpa kawan.

Pemeriksaan Fakta

Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) menelusuri kebenaran klaim dengan memanfaatkan Google Image. Hasilnya, video tersebut diketahui merupakan dokumentasi upacara Hari Kesaktian Pancasila.

Momen itu salah satunya ditayangkan di kanal YouTube KOMPASTV pada Selasa (1/10/2024) dalam video “Momen Prabowo-Puan Berbincang dengan Jokowi usai Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila”.

Faktanya, narasi yang beredar di media sosial itu keliru. Video di unggahan akun X @NenkMonica itu terpotong sehingga konteksnya tak utuh. Presiden Jokowi tidak berjalan sendiri, ia didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto.

Kesimpulan

Jadi, video yang memperlihatkan Puan dan Prabowo mengabaikan Jokowi itu merupakan konten yang menyesatkan (misleading content).

(Ditulis oleh Gabriela Nauli)