[SALAH] Potongan Video Gibran Berbicara Sendiri

  • Gibran tidak berbicara sendiri, tetapi berinteraksi dan menyapa orang-orang di sekelilingnya. 
  • Narasi yang beredar di X berisi klaim “Gibran tertangkap kamera berbicara sendiri” merupakan konten yang menyesatkan (misleading content atau konten menyesatkan).

Akun X “PasTIGAma2024” pada Kamis (5/10/2024), mengunggah potongan video [arsip] yang menampilkan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Gibran Rakabuming Raka, melihat ke arah kamera dan berbicara sendiri. Unggahan tersebut disertai narasi:

“Dokter perhatikan ga? Detik ke 36, Gibran bicara sendiri.. Benar2 sakit nih, tidak pantas dilantik..”. 

Per Rabu (16/10/2024), unggahan itu telah dilihat lebih dari 2.500 kali.

Pemeriksaan Fakta

Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) menelusuri sumber video itu dengan memanfaatkan Google Search Image. Hasilnya, video tersebut berasal dari unggahan kanal YouTube Metro TV berjudul “Presiden Jokowi Hadiri Upacara Peringatan HUT TNI ke-79 di Monas” yang tayang Sabtu (5/10/2024).

Narasi “Gibran berbicara sendiri” merupakan kekeliruan. Dari tayangan Metro TV, terlihat Gibran sesekali berinteraksi dan berbicara dengan Iriana Joko Widodo dan Wury Estu Handayani (istri Wakil Presiden Ma’ruf Amin). Gibran juga menyapa beberapa orang di sekelilingnya.

Kesimpulan

Narasi berisi klaim “Gibran tertangkap kamera berbicara sendiri” merupakan konten yang menyesatkan (misleading content atau konten menyesatkan).

(Ditulis oleh Gabriela Nauli)