[SALAH] Menteri Bahlil Terciduk dan Pakai Baju Tahanan

  • Konteks asli dalam foto adalah momen saat pria berinisial ER diproses kepolisian atas kasus pencabulan terhadap santri laki-laki.
  • Unggahan video dengan klaim “Bahlil terciduk polisi dan memakai baju tahanan” merupakan konten yang dimanipulasi (manipulated content).

Kanal YouTube “KEJUTAN POLITIK” pada Jumat (11/10/2024) mengunggah video [arsip] berisi klaim tentang Menteri ESDM Bahlil Lahadalia terciduk polisi setelah menyerukan tabrak aturan pemilu. Unggahan disertai narasi:

“DETIK² SI BAHLUL TERCIDUK.‪@KETIK_22‬

BAHLUL TERCIDUK..!

SERUKAN PEMILU TABRAK ATURAN”

Sampul foto (thumbnail) menampilkan sosok Bahlil mengenakan baju tahanan dan dikawal anggota kepolisian. Per Jumat (18/10/2024), konten tersebut sudah ditonton lebih dari 140 kali.

Pemeriksaan Fakta

Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) pertama-tama menelusuri kebenaran klaim tersebut dengan memasukkan kata kunci “Menteri Bahlil terciduk polisi karena serukan Pemilu tabrak aturan” ke mesin pencarian Google.

Hasilnya, tidak ada narasi dari sumber kredibel yang membenarkan klaim. Video berdurasi 9 menit 23 detik tersebut pun sama sekali tidak membahas penangkapan Bahlil setelah serukan tabrak aturan pemilu.

TurnBackHoax kemudian menelusuri thumbnail unggahan akun YouTube “KEJUTAN POLITIK” dengan menggunakan Google Lens.

Diketahui, foto asli berasal dari pemberitaan JPNN.com yang tayang Juni 2021, merupakan dokumentasi saat pria berinisial ER diproses kepolisian atas kasus pencabulan terhadap santri laki-laki. Pembuat konten mengganti wajah ER dengan potret Gibran.

Hingga Kamis (17/10/2024), mengutip pemberitaan Sindonews.com, Bahlil—yang juga merupakan Ketua Umum Partai Golkar—masih melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Jakarta Pusat.

Kesimpulan

Unggahan video dengan klaim “Bahlil terciduk polisi dan memakai baju tahanan” merupakan konten yang dimanipulasi (manipulated content).

(Ditulis oleh Siti Lailatul Fitriyah)