[SALAH] Anies Baswedan Merapat ke Rumah Prabowo

  • Potongan video yang beredar di medsos itu merupakan potongan dokumentasi saat Anies dan Sandiaga Uno (pasangan dalam Pilkada 2017) melakukan silaturahmi antar pimpinan partai pengusung di rumah Prabowo Subianto.
  • Narasi dengan klaim Anies Baswedan merapat ke pemerintahan Prabowo merupakan konten yang menyesatkan (misleading content).

Akun TikTok “PJS_Mangunsong” pada Selasa (15/10/2024) membagikan potongan video [arsip] yang menyebut Anies merapat ke rumah Prabowo. Warganet lainnya, yakni akun “srikandi0957” pada unggahannya [arsip], Rabu (16/10/2024) menambahkan narasi Anies akan merapat ke pemerintahan Prabowo. 

Berikut narasi lengkapnya:

“Anies Baswedan Merapat ke Rumah Prabowo”

“Mana pendukung Abah ini.. apa kalian setuju nihh saya merapat ke pemerintahan pak Prabowo..???”

Unggahan dari akun “PJS_Mangunsong” telah mendapatkan 30,5 ribu penyuka dan 1,3 juta tayangan. 

Pemeriksaan Fakta

Setelah ditelusuri dengan Yandex Image, diketahui video yang diunggah oleh kedua akun TikTok tersebut merupakan potongan dokumentasi dari YouTube tvOneNews yang tayang pada Selasa (17/10/2017).

Konteks asli dari video tersebut adalah momen saat Anies dan Sandiaga Uno (pasangan dalam Pilkada 2017) melakukan silaturahmi antar pimpinan partai pengusung di rumah Prabowo Subianto.

Dilansir dari Detik.com, Prabowo telah memanggil lebih dari 100 calon menteri dan wakil menteri pada Senin (14/10/2024) dan Selasa (15/10/2024) yang akan membantunya di pemerintahan mendatang. Tidak ada nama Anies Baswedan dalam daftar calon tersebut.

Kesimpulan

Narasi dengan klaim Anies Baswedan merapat ke pemerintahan Prabowo merupakan konten yang menyesatkan (misleading content).

(Ditulis oleh Moch. Marcellodiansyah)