[SALAH] Serambinews Tayangkan “Rocky Gerung: Berita-Berita Indonesia, Semuanya Muat Berita Hoax tentang Israel”

  • Judul telah disunting dari pemberitaan Serambinews “Rocky Gerung Kembali ke Aceh untuk Bertemu Kaum Milenial, Ini Agendanya” yang tayang Februari 2023.
  • Unggahan berisi tangkapan layar berita Serambinews berjudul “Rocky Gerung: Berita-Berita Indonesia, Semuanya Muat Berita Tentang Israel” adalah konten yang dimanipulasi (manipulated content).

Akun TikTok “1q_223” pada Sabtu (28/09/2024) mengunggah foto [arsip] berupa tangkapan layar yang memperlihatkan pemberitaan Serambinews berjudul “Rocky Gerung: Berita-Berita Indonesia, Semuanya Muat Berita Hoax Tentang Israel”, disertai takarir:

“Rocky Gerung: Berita-Berita Indonesia, Semuanya Muat Berita Hoax Tentang Israel”.
“#JelajahMerdeka #fyp #viral”.

Hingga artikel ini ditulis, unggahan tersebut sudah disukai lebih dari 200 akun dan menuai 10 komentar.

Pemeriksaan Fakta

Pertama, tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) mencari judul berita “Rocky Gerung: Berita-Berita Indonesia, Semuanya Muat Berita Tentang Israel” di laman Serambinews. Tidak ditemukan pemberitaan dengan judul tersebut. 

TurnBackHoax kemudian memperluas pencarian ke Google dengan memasukkan kata kunci “Rocky Gerung Berita Indonesia memuat hoaks Israel”. Tidak ditemukan satupun media yang membahas narasi tersebut. Rekam jejak Rocky Gerung mengatakan hal itu juga tidak ada. 

Pencarian dilanjutkan dengan menelusuri foto utama berita Serambinews yang terlihat di unggahan akun TikTok @1q_223. Lewat perangkat RevEye, diketahui foto tersebut berasal dari berita Serambinews berjudul “Rocky Gerung Kembali ke Aceh Bertemu Kaum Milenial, Ini Agendanya” yang tayang Februari 2023. 

Kesimpulan

Unggahan berisi tangkapan layar berita Serambinews berjudul “Rocky Gerung: Berita-Berita Indonesia, Semuanya Muat Berita Tentang Israel” adalah konten yang dimanipulasi (manipulated content).

(Ditulis oleh Evarizma Zahra)