[SALAH] Potongan Video Tentara Cina Melawan TNI

  • Video yang beredar merupakan potongan momen penertiban penambang emas ilegal di Geumpang, Pidie, Aceh pada Juni 2022.
  • Unggahan video yang dinarasikan sebagai dokumentasi “tentara Cina melawan TNI” merupakan konten yang menyesatkan (misleading content).

Akun Facebook “Raden Rara Soffia Edleweiys” [arsip] pada Sabtu (3/3/2024) mengunggah video yang menampilkan keributan antara sejumlah orang berseragam polisi dan kaos TNI.
Pengunggah menyertakan narasi dan menyebut video merupakan dokumentasi tentang tentara Cina yang sudah berani melawan tentara Indonesia.
Berikut narasi lengkapnya:

COPAS, Kedaulatan negara bagaimana?, APA YANG DIKUATIRKAN SUDAH MENJADI KENYATAAN
Tentara cina sdh mulai beraksi dan sdh berani melawan tentara kita…
Krn dia sdh membawa senjata perorangan… Mulai beraksi dr kelompok kecil… Alasannya pengamanan aset aset nya… Kebon sawit dan lain-lain… Itu alasannya tp sebenarnya ingin menunjukkan bahwa tentara cina sdh menguasai wilayah Indonesia… LUAR BIASA… SUDAH DI INJAK INJAK REPUBLIK INI… PERHATIKAN… TENTARA cINA NGAJAK DUEL TNI… APAKAH TNI DIAM SAJA… ASTAGHFIRULLAAH… Mari Saudara², viralkan narasi tersebut, keseluruh Rakyat Indonesia. 😡😡😡
Nah inilah yang suka saya nyatakan, kalian di Jawa jangan hanya mikirkan Jawa, pikirkan juga Kalimantan, Sulawesi dan Irian, kalau sudah begini, apa yg bisa dilakukan, coblos terus Jokowi/ Prabowo, inilah dia akibatnya.
SEBARKAN…BIAR VIRAL, BIAR SELAMAT INDONESIA INI ‼️”

Hingga Kamis (17/10/2024), unggahan tersebut menuai 62 impresi dan ditonton hampir 1.000 kali.

Pemeriksaan Fakta

Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) menelusuri klaim tersebut dengan memasukan video ke dalam perangkat InVID hingga terbagi menjadi beberapa keyframe.

Berbekal Google Images, TurnBackHoax menemukan gambar yang mirip dengan salah satu keyframe, berasal dari pemberitaan detik.com berjudul “Polisi Bantah Cekcok dengan TNI Saat Tangkap Penambang Ilegal”.

Berita yang tayang Kamis (30/6/2022) itu menjabarkan kalau dokumentasi tersebut merupakan momen penertiban penambang emas ilegal di Geumpang, Pidie, Aceh. Tidak ada informasi mengenai tentara Cina yang melawan TNI. Gambar serupa juga dimuat di Merdeka.co dalam berita “TNI vs Brimob di Tambang Emas Ilegal, Ini Penyebab dan Fakta Sebenarnya”. Isinya menjelaskan keadaan saat penindakan tambang emas ilegal yang diwarnai penghadangan oleh warga dan miskomunikasi antara TNI dan Polisi.

Kesimpulan

Jadi, unggahan video yang dinarasikan sebagai dokumentasi “tentara Cina melawan TNI” merupakan konten yang menyesatkan (misleading content).

(Ditulis oleh Luthfiyah Oktari Jasmien)