[SALAH] Jokowi Murka, Prabowo Diam-Diam Jadikan Anies Wapres Gantikan Gibran

  • Tidak ada informasi valid atau pemberitaan kredibel yang membenarkan klaim itu.
  • Video dan narasi “Jokowi murka kepada Prabowo karena diam-diam memilih Anies Baswedan sebagai wapres pengganti Gibran,” merupakan konten yang menyesatkan (misleading content).

Akun TikTok “Amin01” pada Selasa (1/10/2024) mengunggah video [arsip] yang mengeklaim Jokowi murka kepada Prabowo karena diam-diam memilih Anies Baswedan sebagai wakil presiden (wapres) pengganti Gibran.

Anies Baswedan bakal menggantikan Gibran sebagai wakil presiden.

Berikut narasi lengkapnya:

“SALAM PERUBAHAN

Jokowi MURKA 2000 TURUNAN KEPADA PRABOWO,  KARNA INFO YANG VALID PRABOWO DIAM DIAM AKAN MENJADIKAN ANIES MENJADI WAKIL PRESIDEN GANTI GIBRAN

GAASSSSZZ

GEGARA Rakyat Jakarta Berkampanye GERAKAN COBLOS SEMUA CALON GUBERNUR DKI,”

Per Kamis (17/10/2024), konten tersebut sudah disukai lebih dari 400 akun dan dibagikan ulang 35 kali.

Pemeriksaan Fakta

Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) pertama-tama menelusuri kebenaran klaim dengan memasukkan kata kunci “Anies Baswedan Gantikan Gibran” ke mesin pencarian Google. Hasilnya, tidak ada informasi valid atau pemberitaan kredibel yang membenarkan klaim itu.

Kantor berita Antara dalam artikel “Anies akan gantikan Gibran jadi wakil presiden, benarkah?” yang tayang pada Senin (30/9/2024) meluruskan kalau narasi yang beredar merupakan informasi yang keliru. 

TurnBackHoax kemudian menelusuri video unggahan akun TikTok “Amin01” lewat Google Lens. Hasilnya, diketahui video yang digunakan merupakan cuplikan aksi demonstrasi Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) yang menyuarakan aksi golongan putih pada September 2024. Foto tersebut didokumentasikan oleh Tirto.id.

Kesimpulan

Video dan narasi “Jokowi murka kepada Prabowo karena diam-diam memilih Anies Baswedan sebagai wapres pengganti Gibran,” merupakan konten yang menyesatkan (misleading content).

(Ditulis oleh Vinanda Febriani)