- Dari sejumlah kanal resmi Bank Bengkulu, tidak ditemukan informasi tentang grand prize bagi nasabah pengguna Bank Bengkulu Mobile.
- Unggahan dengan narasi tersebut merupakan konten tiruan (impostor content).
Sebuah unggahan Facebook [arsip] dari halaman “Promo Bank Bengkulu” pada Senin (14/10/2024) membagikan informasi tentang Bank Bengkulu yang mengadakan undian grand prize bagi nasabah pengguna Bank Bengkulu Mobile.
Berikut narasi lengkapnya:
“Khusus Nasabah Bank Bengkulu, Yang Sudah Aktif Bengkulu Mobile.
UNDIAN TABUNGAN BANK BENGKULU ( Tabot Simpeda Tapeda ) Berhadiah dari Bank Bengkulu# Hadir lagi, Ayo buruan Daftar agar memenangkan Grand Prize Seperti: Grand Prize Mobil, 1 Unit Mobil Alphard, 1 Unit Mobil CR-V Turbo, -1 Unit Mobil HR-V CVT, 1 Unit Mobil Xpander, 1 Unit Mobil Fortuner, 1 Unit Mobil BR-V, 1 Unit Mobil BRIO, 1 Unit Mobil BMW, 10 Unit Motor Scopy, 8 Unit Motor Xmax, 10 Unit TV Led 50 in, 20 Unit Smarphone promax14, 10 Paket wisata Singapura, 10 Paket Umroh Gratis
Masih banyak keuntungan lainnya… info lebih lanjut tentang pendaftaran ( UNDIAN TABUNGAN BANK BENGKULU ) silakan klik menu ( Daftar ) yang kami sediakan”
Nasabah diminta untuk mendaftar melalui tombol yang telah disematkan dalam unggahan. Namun, tautan mengarah ke kontak WhatsApp (WA) nomor 082130437430.
Pemeriksaan Fakta
Setelah dilakukan penelusuran di akun Instagram resmi Bank Bengkulu, perusahaan menegaskan informasi resmi hanya dipublikasikan di kanal sebagai berikut:
- Instagram @bankbengkuluofficial,
- Facebook Bank Bengkulu
- Call Center 1500133,
- Laman https://www.bankbengkulu.co.id.
Dari sejumlah kanal resmi itu, tidak ada kontak WA sebagaimana unggahan akun Facebook “Promo Bank Bengkulu”. Tidak ditemukan juga informasi tentang grand prize bagi nasabah pengguna Bank Bengkulu Mobile.
Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) sudah sering membantah unggahan berisi modus penipuan seperti ini. Masyarakat perlu berhati-hati terhadap iming-iming hadiah dengan arahan menghubungi sebuah nomor. Pelaku nantinya akan meminta data pribadi yang bersifat rahasia untuk disalahgunakan.
Kesimpulan
Unggahan dengan narasi “Bank Bengkulu mengadakan undian berhadiah bagi nasabah yang telah mengaktifkan mobile banking” merupakan konten tiruan (impostor content).
(Ditulis oleh Moch. Marcellodiansyah)