[PENIPUAN] Paket Umroh Gratis 2024 dari Kementerian Agama untuk 5.000 Orang

  • Kemenag membantah adanya program umroh gratis. Masyarakat diimbau mengakses informasi tentang haji dan umrah di laman serta media sosial Kemenag RI dan Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU).
  • Unggahan selebaran berlogo Kementerian Agama (Kemenag) berisi informasi umroh gratis itu merupakan konten palsu (fabricated content) untuk modus penipuan. 

Akun Facebook โ€œPendaftaran Umroh 2024โ€ [arsip] mengunggah foto selebaran berlogo Kementerian Agama (Kemenag) berisi informasi umroh gratis. Unggahan disertai narasi:

๐ƒ๐ข ๐๐ฎ๐ค๐š ๐๐ž๐ง๐๐š๐Ÿ๐ญ๐š๐ซ๐š๐ง ๐”๐ฆ๐ซ๐จ๐ก ๐†๐ซ๐š๐ญ๐ข๐ฌ …..โœ“
Punya cita-cita untuk segera menunaikan ibadah umroh ke Tanah Suci? Umroh menjadi salah satu hal yang paling dicita-citakan umat Muslim Indonesia. umroh Gratis  bisa jadi alternatif agar keinginan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan beribadah di Baitulloh,,

Siapa Yang Begitu Rindu Untuk Bertemu Tanah suci . Atau kamu Ingin Menghadiakan Kado Terindah Untuk Orang Terkasih ?

Kesempatan mendapatkan Tiket Umroh Gratis

Insyaallah Kami Akan Bagi  Tiket Umroh Gratis ke Tanah Suci Untuk Anda semua. melakukan pendaftaran tercepat ….!!!! 

Free tiket Pesawat PP/gratis

Free tiket Pesawat PP/gratis

Visa & Passport /gratis

Hotel dan makan /gratis

Asuransi perjalanan / gratis

Pendaftaran Gratis Tanpa ada Biaya Admin dan Sebagainya ๐Ÿ™๐Ÿ˜‡

Pengunggah mengajak pembaca untuk menghubungi nomor WhatsApp (WA) yang tertaut dalam unggahan.

Dari pengamatan tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax), calon pendaftar akan diberikan formulir pendaftaran https://info selengkapnya[dot]klm57[dot]my[dot]id/ dan diminta mengisi nomor Telegram beserta kode OTP-nya.

Per Kamis (17/10/2024), unggahan telah disukai lebih dari 1.500 akun dan menuai sekitar 630 komentar. Mayoritas menunjukkan ketertarikannya untuk mengikuti program umroh gratis ini.

Pemeriksaan Fakta

Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) menelusuri kebenaran unggahan tersebut dengan mencari tahu informasi di akun Instagram resmi Kementerian Agama, kemenag_ri. Hasilnya, Kemenag membantah adanya program umroh gratis tersebut. 

โ€œKemenag tidak pernah mengadakan undian umrah gratis.Kalau sahabat mendapatkan penawaran tersebut, jangan percaya ya. Itu hoaks !!! Tetap waspada dan bijak dalam memilih informasi ya,โ€ tulis kemenag_ri, Kamis (3/10/2024).ย 

Kemenag menekankan, informasi resmi tentang haji dan umrah bisa diakses di laman serta media sosial Kemenag RI dan Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU).

Kesimpulan

Unggahan selebaran berlogo Kementerian Agama (Kemenag) berisi informasi umroh gratis itu merupakan konten palsu (fabricated content) untuk modus penipuan. 

(Ditulis oleh Rahmah)