[SALAH] Rocky Gerung Gabung ke PDIP

  • Tidak ditemukan informasi valid tentang bergabungnya Rocky Gerung ke PDIP.
  • Unggahan berisi klaim “Rocky Gerung gabung ke PDIP” merupakan konten yang dimanipulasi (manipulated content)

Pada Selasa (1/10/2024) beredar video [arsip] dari kanal YouTube “MIMBAR POLITIK” yang mengeklaim Rocky Gerung masuk PDIP. Narasi diperkuat dengan thumbnail (foto sampul) yang memperlihatkan Rocky mengenakan baju PDIP.

Berikut narasi lengkapnya:

ROCKY NEKAD MASUK PDIP
ROCKY MASUK PDIP?
AKUI JATUH CINTA KEPADA MEGAWATI

Per Minggu (6/10/2024), konten tersebut sudah telah ditonton 1.200 kali.

Pemeriksaan Fakta

Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) pertama-tama menelusuri kebenaran klaim tersebut dengan memasukkan kata kunci “Rocky Gerung bergabung ke PDIP” lewat mesin pencarian Google. Hasilnya, tidak ditemukan nama Rocky Gerung sebagai kader partai manapun.

Kami kemudian mengulik kebenaran foto sampul dari video unggahan. Menggunakan Google Lens, diketahui foto asli berasal dari pemberitaan JPNN.com, yang didokumentasikan saat pertemuan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan Komarudin Watubun di Jakarta, Senin (22/5).

Pembuat konten video bernarasi “Rocky Gerung gabung ke PDIP” mengganti wajah Gibran menjadi Rocky Gerung.

Video berdurasi 9 menit 15 detik tersebut sama sekali tidak membahas bergabungnya Rocky ke PDIP. Unggahan hanya berisi potongan video kanal Youtube DSTV yang menampilkan perbincangan antara Deddy Sitorus dengan Rocky Gerung. Keduanya berbincang tentang Megawati yang mereka sebut memiliki “girl power”.

Kesimpulan

Unggahan video dengan klaim “Rocky Gerung masuk ke PDIP” merupakan konten yang dimanipulasi (manipulated content).

(Ditulis oleh Siti Lailatul Fitriyah)