[PENIPUAN] Testimoni Pemenang “Giveaway Rp30 Juta dari Baim Wong”

  • Dalam akun media sosial resmi (Facebook, Tiktok, dan Instagram) Baim Wong, tidak ditemukan unggahan tentang “giveaway Rp30 juta).
  • Unggahan testimoni yang mengeklaim diri sebagai “pemenang giveaway Rp30 juta dari Baim Wong” itu merupakan konten palsu (fabricated content) dan modus penipuan online mencatut nama artis.

Akun Facebook “Ibumaya Sidorejo” pada Selasa (8/10/2024) mengunggah narasi [arsip] berisi klaim dirinya memenangkan giveaway Rp30 juta dari Baim Wong. Terdapat pula ajakan untuk ikut mendaftar giveaway dengan menghubungi nomor WhatsApp (WA) yang tercantum dalam unggahan.

Berikut narasinya:

Assalamualaikum ijin tag Alhamdulillah, terimkasih 🙏 mas baim wong  dan juga admin nya sdh ksi cair hadiah GIVEAWAY  sya senang gk nyngka ternyata asli bneran ka, Terimakasih ka BAIM WONG sya sdh tarik tunai uang hadiah nya, sya senang sekali bisa terpilih menjadi pemenang hadiah 30jt🙏senang sekali juga bisa Vidio call langsung dengan mas BAIM WONG

dan untuk teman-teman, jika mau tau cara dpa hadiah nya, langsung chat saja wa nya admin kak baim di bawah ini… 

WhatsApp:089675716774

Per Rabu (16/10/2024), terpantau lebih dari 19 netizen memberikan tanda suka dan 34 komentar di konten tersebut, mayoritas tertarik mengikuti giveaway itu.

Pemeriksaan Fakta

Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) memeriksa akun media sosial resmi (Facebook, Tiktok, dan Instagram) Baim Wong. Hasilnya, tidak ditemukan unggahan yang menginformasikan giveaway sebagaimana yang disebarkan akun Facebook “Ibumaya Sidorejo”.

Kesimpulan

Unggahan testimoni yang mengeklaim diri sebagai “pemenang giveaway Rp30 juta dari Baim Wong” itu merupakan konten palsu (fabricated content) dan modus penipuan online mencatut nama artis.

(Ditulis oleh Vendra Panji)