[SALAH] Jenis atau Sumber Air Kemasan Bisa Terlihat dari Warna Tutup Botol

  • Badan Pengawas Obat dan Makanan menegaskan tidak ada kaitan antara warna tutup botol dengan kandungan air yang ada di dalamnya.
  • Unggahan dengan narasi “warna tutup botol membedakan jenis air mineral yang dikandung” itu merupakan konten yang menyesatkan (misleading content).

Akun TikTok “gudanginfo1706” pada Rabu (9/10/2024) mengunggah video [arsip] berdurasi 57 detik yang berisi informasi tentang masing-masing warna tutup botol air mineral punya arti tersendiri. Berikut narasi lengkapnya:

“Hei Kalau tutup botol minum warna-warni kayak pelangi siap-siap dapat fakta Seru nih udah penasaran mau tahu rahasianya Jadi kenapa sih tutup botol minum ada yang warna-warni? ternyata bukan cuma buat gaya loh tiap warna punya arti tersendiri pertama tutup warna biru biasanya ini menandakan air mineral biasa segar dan simple. Lanjut tutup warna hijau, tutup ini sering dipakai untuk air yang berasal dari mata air atau air yang diperkaya mineral sudah mulai berasa mewah kan terus ada tutup warna putih, ini biasanya untuk air yang dimurnikan atau disuling murni dan bersih. Eh tapi tunggu dulu ada lagi nih! Beberapa untuk menggunakan warna tutup yang berbeda untuk menunjukkan ukuran botol edisi spesial. Jadi lain kali pas kamu ambil botol minum, cobah deh perhatikan warna tutupnya. Siapa tahu kamu bisa belajar sesuatu yang baru! Tetap penasaran ya! Sampai jumpa dipetualangan fakta baru berikutnya!.”

Hingga Minggu (13/10/2024), unggahan tersebut sudah ditonton hampir 1.500 kali dan disukai 51 akun.

Pemeriksaan Fakta

Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) menelusuri klaim tersebut dengan memasukkan kata kunci “arti warna dalam tutup botol air mineral” ke mesin pencarian Google. Salah satu hasil teratas adalah artikel periksa fakta yang ditulis Kompas.com.

Dilansir dari Kompas.com, Humas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Eka Rosmalasari menegaskan tidak ada kaitan antara warna tutup botol dengan kandungan air yang ada di dalamnya. BPOM tidak menetapkan penggunaan warna tutup botol yang berbeda berdasarkan kandungan air mineral yang diproduksi.

“Itu tergantung desain dari produsennya,” kata Eka saat dihubungi Kompas.com, Jumat (27/7/2024).

TurnBackHoax kemudian menelusuri akun Instagram resmi BPOM (bpom_ri) dan menemukan unggahan Rabu (31/7/2024) yang menekankan narasi mengenai “warna tutup botol membedakan jenis air mineral yang dikandung” sebagai Informasi yang tidak benar.

Kesimpulan

Jadi, unggahan dengan narasi “warna tutup botol membedakan jenis air mineral yang dikandung” itu merupakan konten yang menyesatkan (misleading content).

(Ditulis oleh Luthfiyah Oktari Jasmien)