[SALAH] Empat Wilayah di Jawa Tengah Bakal Terdampak Gempa Megathrust

  • BMKG menegaskan informasi tentang “Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Wonogiri akan terkena gempa megathrust” adalah hoaks yang tidak memiliki dasar ilmiah yang valid.
  • Narasi yang memuat klaim tersebut merupakan konten yang menyesatkan (misleading content).

Unggahan TikTok [arsip] dari akun “SQUAD NUSANTARA08 KEBUMEN” pada Rabu (21/8/2024) menyebarkan informasi tentang Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Wonogiri. Empat wilayah di Jawa Tengah itu diklaim akan terkena gempa Megathrust.

Berikut narasi lengkapnya:

“4 Wilayah di Jawa Tengah yang akan terkena dampak GEMPA Mega Thrust. 1. Cilacap, 2. Kebumen, 3. Purworejo, 4. Wonogiri. Warga dihimbau untuk tidak dihantui rasa ketakutan berlebih tapi ikuti arahan dari Pemerintah Daerah dan Instansi2 terkait seperti Badan SAR & TNI-POLRI”

“Mega thrust #gempa #tsunami #bmkg #berandafyp #berandatiktok #beritatiktok #jawatengah #indonesia” 

Unggahan tersebut per Selasa (15/10/2024) telah disukai hampir 6.000 akun, ditonton lebih dari 500 ribu kali, dan dibagikan ulang hingga 2.700 kali.

Pemeriksaan Fakta

Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) menelusuri klaim ini dengan mencari informasi di akun Instagram resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) @infobmkg.

Hasilnya, BMKG sudah meluruskan kalau informasi tentang sejumlah wilayah di Jawa Tengah akan terkena gempa Megathrust itu tidak benar. 

“Terkait beredarnya informasi tentang potensi Megathrust yang meresahkan masyarakat, BMKG menegaskan bahwa informasi tersebut bukan berasal dari BMKG dan tidak memiliki dasar ilmiah yang valid,” tulis BMKG, Senin (7/10/2024).

BMKG meminta masyarakat untuk mengacu kepada sumber resmi, seperti laman atau aplikasi Info BMKG. Masyarakat juga diminta waspada dan mengikuti instruksi dari pemerintah setempat dalam penanganan bencana.

“Tidak perlu panik terhadap berita yang belum jelas kebenarannya,” singkat BMKG.

Dilansir dari laman resmi BMKG, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono menjelaskan potensi gempa yang dihasilkan dari megathrust ini bukan sebuah prediksi atau peringatan dini.

“Jangan dimaknai secara keliru, seolah akan terjadi dalam waktu dekat,” pungkas Daryono.

Kesimpulan

Dengan demikian, narasi berisi klaim “Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Wonogiri menjadi empat wilayah di Jawa Tengah yang akan terkena gempa megathrust” merupakan konten yang menyesatkan (misleading content).

(Ditulis oleh Moch. Marcellodiansyah)