[PENIPUAN] Pertamina Buka Lowongan Kerja Oktober 2024

  • Vice President Corporate Communication PT Pertamina mengonfirmasi tidak ada lowongan kerja yang dibuka pada Oktober 2024.
  • Unggahan berisi informasi Pertamina membuka lowongan kerja untuk beberapa posisi itu merupakan konten palsu (fabricated content)

Unggahan Facebook [arsip] pada Rabu (9/10/2024) dari halaman “Lowongan Kerja Terbaru” membagikan informasi yang menyebut PT Pertamina membuka lowongan pekerjaan untuk beberapa posisi.

Berikut narasi lengkapnya:

“LOWONGAN KERJA PT PERTAMINA (PERSERO)

Dibutuhkan Untuk Posisi :

Kepala produksi, Acounting, Administrasi, Manager, Asistenmanager, Tim kesehatan, Ahli computer, Sekertaris, IT (Informasi Teknologi), Supervisior, Manajemen Bisnis Atau Niaga, Kimia / Teknik Lingkungan, Hukum, Security(keamanan), Labotarium, Staf Lapangan, Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Perminyakan, Teknik Mesin, Teknik Elektro”  

Pemeriksaan Fakta

Disadur dari artikel periksa fakta Kompas.com.

Mengutip dari Kompas.com, informasi tersebut dibantah kebenarannya oleh Vice President Corporate Communication PT Pertamina, Fadjar Djoko Santoso.

“Hoaks, tidak ada (lowongan kerja di awal Oktober),” kata Fadjar ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (9/10/12).

Fadjar menegaskan informasi resmi tentang lowongan pekerjaan di Pertamina akan diumumkan melalui media sosial resmi bercentang biru.

Tautan yang disematkan pada unggahan tersebut mengarah ke formulir yang meminta nama lengkap, nomor handphone, tanggal lahir, dan jenis kelamin. Masyarakat diimbau tidak mudah percaya terhadap unggahan semacam ini, terindikasi sebagai modus penipuan yang dapat menyalahgunakan data pribadi.

Pertamina kerap dicatut dalam informasi pembukaan lowongan kerja. Sebelumnya, pemeriksa fakta dari Mafindo (TurnBackHoax) juga telah beberapa kali membantah kebenaran informasi tersebut.

Kesimpulan

Dengan demikian, unggahan berisi informasi Pertamina membuka lowongan kerja untuk beberapa posisi itu merupakan konten palsu (fabricated content).

(Ditulis oleh Moch. Marcellodiansyah)