[PENIPUAN] Terawan Promosi Obat Diabetes, Disiarkan Kompas TV

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Video asli menunjukkan Terawan—kala itu sebagai Menteri Kesehatan RI—sedang menghadiri Global Vaccine Summit 2020.

= = =

Kategori: Konten Palsu

= = =

Sumber: Facebook 

https://bit.ly/3ZQUPrO

Arsip video: https://bit.ly/4eA0WoW 

= = =

Narasi:

“Obat ini tidak memberikan kesempatan bagi diabetes, pertama-tama pembuluh darah dibersihkan, lalu diabetes dan efek sampingnya hilang ginjal mulai berfungsi 100% kelebihan berat badan hilang, dokter tradisional berbagi lebih banyak detail. 

Sebab untuk pengobatan diabetes ini 2 kali lebih efektif daripada obat analog, lebih dari 70.000 orang telah disembuhkan berkat kapsul ini hanya sebulan dan semua jenis diabetes akan dikalahkan pesan kapsul secara online.”

= = =

Penjelasan:

Halaman Facebook “Linh B 022” pada Selasa (24/9/2024) membagikan video yang menampilkan Terawan Agus Putranto (Menteri Kesehatan 2019—2020) sedang mempromosikan obat diabetes dan disiarkan oleh KompasTV.

Hingga artikel ini ditulis, unggahan tersebut telah mendapatkan 88 ribu tayangan, 279 penyuka, dan dikomentari sebanyak 46 kali. Sejumlah warganet terlihat memercayai video tersebut.

Jika diperhatikan lebih teliti, gerak bibir dan suara Terawan dalam video tersebut tidak sinkron. Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) kemudian melakukan penelusuran dengan Yandex Image untuk mengetahui sumber video.

Video asli ditemukan di saluran YouTube Gavi, the Vaccine Alliance dengan judul “GVS2020 – GVS | Hon Lt Gen TNI (ret) Dr Terawan Agus Putranto, Minister of Health, Indonesia”.

Dalam video tersebut, Terawan sedang menghadiri Global Vaccine Summit 2020 secara daring untuk mewakili Indonesia. Terawan menyampaikan apresiasi Indonesia terhadap kerja sama global dalam vaksinasi, komitmen pembiayaan imunisasi berkelanjutan, serta kesiapan negara dalam pengembangan dan produksi vaksin COVID-19. Ia juga menyoroti pentingnya solidaritas global untuk memastikan akses vaksin yang adil.

Selanjutnya, tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) mendeteksi audio yang digunakan dalam video unggahan halaman Facebook “Linh B 022” tersebut dengan menggunakan elevenlabs.io.

Hasilnya, audio itu memiliki probabilitas 98% sebagai konten buatan AI. Dengan demikian, video Terawan mempromosikan obat diabetes merupakan konten palsu.

= = =

Referensi: 

https://yandex.com/images/search?cbir_id=2251537%2FsUnpCBzIJE48Avoptll6Hg9524&cbir_page=similar&img_url=https%3A%2F%2Fi.ytimg.com%2Fvi%2Fpi-npvVyr_U%2Fmaxresdefault.jpg&lr=111965&pos=0&rpt=imageview&source-serpid=N5MpNtfWVJvsowEj_vPDiA&url=https%3A%2F%2Favatars.mds.yandex.net%2Fget-images-cbir%2F2251537%2FsUnpCBzIJE48Avoptll6Hg9524%2Forig 

https://elevenlabs.io/ai-speech-classifier (arsip: https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2024/10/Terawan-Promosikan-Obat-Diabetes.pdf

= = =