[SALAH] Berkumur dengan Minyak Tanah atau Bensin Bisa Obati Sakit Gigi

Hasil periksa fakta Raymondha 

Metode berkumur dengan bensin atau minyak tanah untuk mengobati sakit gigi tidak terbukti secara ilmiah, justru memiliki risiko kesehatan yang besar.

=========== 

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan 

=========== 

[SUMBER]: Instagram https://ghostarchive.org/archive/AmAKX (arsip) 

=========== 

[NARASI]:  

“Kumur pertalite bener gak si 

Obat sakit gigi Paling ampuh. Gak percaya?? Coba aja sendiri ” 

=========== 

[PENJELASAN]:  

Artikel disadur dari Tirto.

Akun Instagram @firmanturem (https://www.instagram.com/firmanturem/) pada Minggu (30/9/2024) membagikan video berisi tips pengobatan sakit gigi dengan menggunakan minyak tanah atau bensin. 

Pengunggah menjelaskan langkah-langkah pengobatan yakni berkumur minyak tanah atau bensin seperti biasa dan tidak menengadah. Hingga Kamis (10/10/2024), konten tersebut sudah disukai sebanyak 15 kali.

Dilansir dari Tirto, Dokter Nurul Fajriah Afiatunnisa menjelaskan bensin tidak bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi. Bensin memiliki sifat zat yang keras, yang justru dapat menyebabkan luka pada area mukosa mulut. 

Menggunakan bensin untuk berkumur berisiko menimbulkan keracunan akibat tertelan, serta dapat menyebabkan efek sistemik berbahaya, termasuk reaksi alergi atau sesak napas pada orang dengan sensitivitas berlebihan terhadap zat tertentu. 

Selain itu, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut, sehingga penggunaan bensin sebagai obat sakit gigi sangat berisiko dan tidak dianjurkan.

Jadi, narasi “berkumur dengan bensin atau minyak tanah bisa mengobati sakit gigi” merupakan konten yang menyesatkan.

=========== 

 [REFERENSI] :

https://tirto.id/berkumur-dengan-bensin-disebut-bisa-obati-sakit-gigi-benarkah-g4z9