[SALAH] PSSI Undang Timnas Portugal untuk Lawan Indonesia

Periksa Fakta Vania. 

Faktanya, tidak ada pernyataan resmi dari PSSI tentang hal ini. Agenda laga persahabatan dengan tim luar negeri pun sulit direalisasi lantaran padatnya jadwal Timnas Indonesia.

=====

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====    

Sumber: Instagram

https://ghostarchive.org/archive/4fdjl

=====

Narasi   

PSSI Sukses Mengundang Portugal Melawan Timnas Indonesia 🔥

=====   

Penjelasan:   

Artikel disadur dari Tirto.

Akun Instagram “pendekar_sby” mengunggah video yang isinya mengeklaim Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sukses mengundang Tim Nasional (Timnas) Portugal untuk bermain bersama Timnas Indonesia.

Sejak diunggah pada Senin (30/9/2024), video telah ditonton lebih dari 123 ribu kali dan mengantongi lebih dari 5.000 tanda suka (like).

Faktanya, tak ditemukan pernyataan resmi dari PSSI atau pihak terkait yang membenarkan klaim. Dalam jadwal resmi pertandingan Timnas Indonesia yang tertera di laman dan media sosial PSSI, tidak ada agenda pertandingan melawan Timnas Portugal.

Mengutip liputan6.com, Anggota Komite Eksekutif (EXCO) PSSI Arya Sinulingga pada Mei 2024 mengaku kesulitan untuk mengundang timnas negara lain—termasuk Portugal—untuk laga persahabatan lantaran padatnya jadwal Timnas Indonesia.

Jadi, video berisi narasi yang mengeklaim “PSSI sukses mengundang Timnas Portugal untuk bermain bersama Timnas Indonesia” itu merupakan konten yang menyesatkan.

=====     

Referensi:    

https://www.liputan6.com/bola/read/5593812/soal-prospek-timnas-indonesia-tantang-portugal-di-fifa-matchday-begini-jawaban-pssi?page=2

https://tirto.id/salah-pssi-undang-timnas-portugal-untuk-lawan-timnas-indonesia-g4qX