[SALAH] Kapal Feri Banyuwangi—Bali Hampir Tenggelam pada September 2024

Hasil periksa fakta Raymondha 

Faktanya, video diambil saat insiden terbaliknya Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Bili yang melayani jalur sungai Tebas Kuala-Tebas Seberang pada Februari 2021.

=========== 

[KATEGORI]: Konteks yang Salah

=========== 

[SUMBER]: Threads https://ghostarchive.org/archive/yhzhS (arsip) 

=========== 

[NARASI]:  

“Kapal Feri Penyeberangan Banyuwangi-Bali. Miring. Hampir Tenggelam” 

=========== 

[PENJELASAN]:  

Akun Threads “globalland_surabaya” (https://www.threads.net/@globalland_surabaya) pada Minggu (26/09/2024) membagikan video yang diklaim menunjukkan kepanikan warga saat melihat kapal penyebrangan dalam kondisi miring. Hingga Selasa (8/10/2024), video yang disertai narasi “Kapal Feri Penyebrangan Banyuwangi-Bali. Miring. Hampir Tenggelam,” itu telah disukai 32 akun dan dibagikan 15 kali. 

Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) menelusuri tangkapan layar dari video melalui Google Lens. Hasilnya, diketahui kapal yang hampir tenggelam itu melayani rute Tebas Kuale—Tebas Seberang, Perigi Piai, bukan Banyuwangi—Bali.

Insiden tersebut diberitakan oleh sejumlah media massa arus utama, salah satunya di kanal YouTube Metro TV dalam video “Dishub Sambas: Feri KMP Bili Terbalik Akibat Bocor Lambung Kapal,” yang diunggah pada Minggu (21/02/2021).

Dikutip dari Kompas.com, Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin menjelaskan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Bili yang melayani jalur sungai Tebas Kuala-Tebas Seberang terbalik saat proses bongkar di Dermaga Perigi Piai, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, pada Sabtu, (20/2/2021) sekitar pukul 14.00 WIB.

Jadi, video berisi klaim “Kapal Feri penyebrangan Banyuwangi-Bali miring dan hampir terbalik” sebagaimana yang diunggah akun Threads “globalland_surabaya” merupakan konten dengan informasi yang salah.

=========== 

[REFERENSI]

https://www.youtube.com/watch?v=hXT2ZweekBQ

https://www.kompas.com/tren/read/2021/02/20/211100465/viral-video-detik-detik-kapal-feri-kmp-bili-terbalik-di-pontianak-bagaimana?page=all