[PENIPUAN] Coca-Cola Ulang Tahun, Bagi-Bagi Rp10 Juta dan Ratusan Ponsel

Periksa Fakta Vania. 

Informasi yang beredar bukan berasal dari akun resmi Coca-Cola. Sebelumnya, pihak Coca-Cola telah mengimbau masyarakat tentang undian, survei, atau hadiah yang mengatasnamakan Coca-Cola.

=====    

KATEGORI: Konten Tiruan

=====    

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/EajSV

=====    

Narasi   

🥳Untuk merayakan ulang tahun Coca Cola di Indonesia, tim ꓚꓳꓚꓮ-ꓚꓳꓡꓮ ꓲꓠꓓꓳꓠꓰꓢꓲꓮ. memberikan hadiah utama 1 Unit Mobil, Hadiah uang 10 Juta & mengirimkan 400 ponsel Samsung baru kepada semua orang yang mengucapkan “SELAMAT ULANG TAHUN” sebelum tanggal 10 September pukul 7 malam.

Syarat mengikuti undian hadiah ini:

1. Ikuti halaman ꓚꓳꓚꓮ-ꓚꓳꓡꓮ ꓲꓠꓓꓳꓠꓰꓢꓲꓮ. 

2. Bagikan postingan ini ke banyak grup

3. Tinggalkan komentar unit ucapan ulang tahun

Jangan lewatkan kesempatan bagus ini😍🤑💵🎁

=====   

Penjelasan:   

Halaman Facebook “Coca Cola Indonesia” pada Senin (2/9/2024) mengunggah foto berisi informasi tentang adanya program pemberian hadiah satu unit mobil, uang Rp10 juta, serta ratusan ponsel, dalam rangka ulang tahun Coca-Cola. Hingga Selasa (8/10/2024), unggahan tersebut sudah dibagikan ulang (share) sekitar 145 kali.

Dari pengamatan tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax), halaman Facebook “Coca Cola Indonesia” baru dibuat pada awal September 2024 dan tidak memiliki pengikut. Adapun akun Facebook resmi Coca-Cola Indonesia telah bercentang biru dengan 108 juta pengikut.

Dalam laman resmi Coca-Cola Indonesia, yakni coca-cola.com, tidak terdapat informasi mengenai undian tersebut. Pihak Coca-Cola Indonesia pun sejak tahun 2021 sudah memberi imbauan soal undian serta survei berhadiah yang mengatasnamakan Coca Cola. 

“Segala bentuk program Coca‑Cola Indonesia hanya akan diinformasikan melalui kanal dan media sosial resmi Coca‑Cola Indonesia, serta melalui berita di media cetak ataupun elektronik yang dapat dipertanggungjawabkan,” tulis pihak Coca-Cola.

Jadi, informasi tentang adanya program pemberian hadiah satu unit mobil, uang Rp10 juta, serta ratusan ponsel, dalam rangka ulang tahun Coca-Cola itu merupakan konten tiruan dengan potensi modus penipuan.

=====       

Referensi:    

https://m.facebook.com/cocacolaindonesia

https://www.coca-cola.com/id/id/media-center/hoax-coca-cola-indonesia-tidak-adakan-survei-berhadiah