[SALAH] Minum Sambil Berdiri Berdampak Buruk Terhadap Kesehatan

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Belum ada bukti ilmiah yang mengungkap dampak buruk akibat meminum air sambil berdiri.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/3zIjp3r

= = =

Narasi:

“Pantesan rasulullah melarang kita minum sambil berdiri. Efek minum sambil berdiri: 1. mengurangi kesehatan ginjal, 2. dampak buruk bagi sendi, 3. syaraf menegang, 4. mengganggu saluran pencernaan, 5. dapat menyebabkan arthritis dan radang sendi.”

= = =

Penjelasan:

Di Facebook beredar unggahan video berisi klaim yang menyebut minum sambil berdiri memberi efek buruk bagi kesehatan, mulai dari masalah ginjal, syaraf, saluran pencernaan, hingga radang sendi.

Dilansir dari artikel Tempo.co yang tayang pada Kamis (26/9/2024), dokter umum di Poliklinik Universitas Sumatera Utara (USU), dr. Adit Muhammad Prasetya Hutagalung, menekankan belum ada bukti ilmiah yang mengungkap dampak buruk akibat meminum air sambil berdiri.

Pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) sebelumnya telah meluruskan klaim serupa yang menyebut minum sembari berdiri dapat menyebabkan penyakit batu ginjal.

Dari sudut pandang agama Islam, sebagaimana dikutip dari liputan6.com, pemuka agama Syekh Muhammad Jaber menjelaskan umat diperbolehkan minum sambil berdiri dalam keadaan tertentu, salah satunya saat tidak ada tempat duduk.

Dengan demikian, video dengan narasi minum sambil berdiri berefek buruk bagi kesehatan adalah konten yang menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://cekfakta.tempo.co/fakta/3139/keliru-video-berisi-klaim-minum-air-sambil-berdiri-berbahaya-bagi-kesehatan

https://www.liputan6.com/islami/read/5664069/syekh-muhammad-jaber-minum-sambil-berdiri-emang-boleh-ini-penjelasannya?page=4

= = =