[SALAH] Snack Merek “Luppo” Mengandung Tablet yang Membuat Anak-Anak Pingsan

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan

Juru bicara Solen (produsen jajanan Luppo) menyebut rekaman itu menipu, tidak berdasar, dan palsu. Perusahaan juga mengatakan rekaman tersebut diproduksi dengan tujuan pencemaran nama baik.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.     

==========     

Kategori: Konten manipulasi

Akun Facebook “Amarin Solikhin” mengunggah video yang memperlihatkan seseorang membelah jajanan, dan terdapat dua benda bulat berukuran kecil seperti tablet berwarna putih. Video tersebut diklaim sebagai bukti adanya peredaran jajanan kue dari Israel berisi tablet yang bisa membuat lumpuh.

Narasi:
Amaran..!

*LUPPO* Sejenis “Kue kek” yang dipanggil *LUPPO* telah dilancarkan di pasaran. Ia mengandungi dua tablet kecil.

*Ada yang mengatakan ia adalah tablet yang MELUMPUHKAN ANAK 👶👧👶👧 ANAK*

Tolong, *tonton video ini dan fahami. VIRALKAN* kepada teman2 anda juga. dilaporkan hanya dijual di kawasan sekolah.

Pastikan *ANAK 👶👧👶 ANAK anda tidak membeli dan memakan barang yang membahayakkan tersebut.*

*GILAAA Abiss KELAKUAN Orang JAHAT 😈👹😈 yg Ingin Menghancurkan NEGARA ini,, agar GENERASI ANAK BANGSA 🇲🇨 dan RAKYAT 🇲🇨 MATI 💀⚰💀⚰💀⚰PERLAHAN Namun PASTI*

*baru KUASAI Negara 🇲🇨🇲🇨🇲🇨*

Sumber: Facebook https://archive.cob.web.id/archive/1727857210.580928/index.html Arsip

PENJELASAN:

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut pernah beredar pada 2020, diklaim merupakan jajanan dari Israel. Namun, informasi terkait dengan Luppo tersebut adalah hoaks. Produk jajanan yang ada divideo itu diproduksi oleh perusahaan asal Turki, Solen, dan hanya dijual di Irak.

Salah satu laman pemeriksa fakta, Snopes menuliskan, tidak jelas apa yang ditunjukkan rekaman itu, atau pada tahap apa dan oleh siapa tablet tersebut ditambahkan ke dalam jajanan. Tidak ada bukti yang menunjukkan benda-benda tersebut dimasukkan oleh Solen, serta pernyataan kalau tablet tersebut menyebabkan kelumpuhan. 

Dalam email yang dikirim ke Snopes, juru bicara Solen menyebut rekaman itu menipu, tidak berdasar, dan palsu. Perusahaan juga mengatakan rekaman tersebut diproduksi dengan tujuan pencemaran nama baik.

Informasi tersebut juga pernah diklarifikasi pada laman Turnbackhoax.id pada Januari 2020, dengan judul “[SALAH] “Snack berbahaya dibuat di Israel”.

Referensi:

https://www.snopes.com/fact-check/turkish-snack-bar-paralysis-tablet/
https://turnbackhoax.id/2020/01/09/salah-snack-berbahaya-dibuat-di-israel/