[SALAH] CNBC Indonesia Tayangkan Berita “Presiden Cina : Tidak Ada Satu Negara Pun yang Bisa Kalahkan Israel”

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang beredar merupakan hasil manipulasi. CNBC Indonesia tidak pernah mempublikasikan berita dengan judul tersebut. Xi Jinping pun tak mengatakan “Tak ada negara yang bisa kalahkan Israel”.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

Sumber: TikTok

https://ghostarchive.org/archive/G1dnt

=====

Narasi:

“Presiden Cina : Tidak Ada Satu Negara Pun Yang Bisa Kalahkan Israel”.

“#fyp #viral #JelajahMerdeka”.

=====

Penjelasan:

Akun TikTok @1q_223 (Alibaba) menyebarkan foto tangkapan layar pemberitaan CNBC Indonesia berjudul “Presiden Cina : Tidak Ada Satu Negara Pun Yang Bisa Kalahkan Israel”. Sejak diunggah pada Jumat (30/8/2024) hingga Selasa (1/10/2024), konten telah disukai lebih dari 50 ribu akun, menuai hampir enam ribu komentar, dan dibagikan ulang 992 kali.

Tim pemeriksa fakta Mafindo (TurnBackHoax) menyalin judul itu ke kolom pencarian di laman CNBC Indonesia. Faktanya, tidak ditemukan pemberitaan tentang hal tersebut.

Kami kemudian melakukan pencarian di Google menggunakan kata kunci “Xi Jinping tidak ada negara yang bisa kalahkan Israel” ke mesin pencarian Google. Hasilnya, tidak ada media massa yang membahasnya, mayoritas hanya menyoroti langkah Xi Jinping yang mendesak diakhirinya konflik Israel-Hamas.

Terakhir, kami menelusuri foto unggahan akun TikTok @1q_223 (Alibaba) itu dengan memanfaatkan Google Lens dan RevEye. Diketahui, foto tersebut berasal dari pemberitaan CNBC Indonesia berjudul “Xi Jinping Mau Ditangkap, Lembaga Ini Keluarkan Surat Penangkapan” yang tayang pada Juli 2024.

Sebelumnya, akun TikTok ini menyunting berita CNBC Indonesia dan sudah dibahas dalam artikel “[SALAH] ARTIKEL CNBC INDONESIA BERJUDUL “Presiden China Sebut : Dunia Teknologi Di Kuasai Israel” di turnbackhoax.id.

Jadi, unggahan berupa tangkapan layar berita CNBC Indonesia berjudul “Presiden Cina : Tidak Ada Satu Negara Pun yang Bisa Kalahkan Israel” itu tidak sesuai fakta dan merupakan konten yang dimanipulasi.

=====

Referensi:

https://www.cnbcindonesia.com/search?query=presiden+cina+%3A+tidak+ada+satu+negara+pun+yang+bisa+kalahkan+israel

https://www.google.com/search?q=Xi+Jinping+tidak+ada+negara+yang+bisa+kalahkan+Israel&oq=Xi+Jinping+tidak+ada+negara+yang+bisa+kalahkan+Israel

https://www.cnbcindonesia.com/news/20240723084119-4-556824/xi-jinping-mau-ditangkap-lembaga-ini-keluarkan-surat-penangkapan

https://turnbackhoax.id/2024/09/30/salah-artikel-cnbc-indonesia-berjudul-presiden-china-sebut-dunia-teknologi-di-kuasai-israel/