[SALAH] 500 Aktivis Bersatu, Seret JKW ke Penjara

Hasil periksa fakta Syifa Ainun.

Klaim yang menyatakan bahwa 500 aktivis bersatu dan menyeret Jokowi ke Penjara adalah salah. Tidak ditemukannya bukti yang kredibel mengenai klaim tersebut. Narator hanya membacakan ulang artikel yang diunggah pada website RMOL.ID

===========
[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========
[SUMBER]: YOUTUBE
https://ghostarchive.org/varchive/g0H9lk3GTMU

===========
[NARASI]:
 AKTIVIS BERSATU, SERET JKW KE PENJARA

===========
[PENJELASAN]:

Telah beredar sebuah video di Youtube yang memberikan klaim jika 500 aktivis telah bersatu untuk menyeret Jokowi ke penjara.

Cuplikan yang ada pada video tersebut tidak saling berkaitan dan hanya ditampilkan secara berulang tanpa adanya keterkaitan dengan pernyataan yang diberitakan.

Hingga akhir video tidak ada penjelasan yang membenarkan klaim pada judul mengenai 500 aktivis yang bersatu untuk menyeret Jokowi ke penjara. Selain itu, narator hanya membacakan ulang narasi yang termuat dalam website RMOL.ID (18/09/2024) yang berjudul “Beredar Kabar Istana Ketar-ketir Jokowi Jadi Presiden Pertama yang Masuk Penjara”.

Artikel tersebut membahas video yang viral di media sosial Instagram dengan judul “Ring 1 Khawatir Jokowi Presiden Pertama yang Dipenjara” yang mengungkap kondisi pemerintahan Jokowi yang diduga tidak baik-baik saja. Berdasarkan sumber referensi tersebut menunjukan bahwa klaim pada unggahan tersebut tidak benar dan termasuk dalam konten yang menyesatkan.

===========
[REFERENSI] :
https://rmol.id/politik/read/2024/09/18/637417/beredar-kabar-istana-ketar-ketir-jokowi-jadi-presiden-pertama-yang-masuk-penjara