[SALAH] Video Kecelakaan di Tanjung Uncang, Batam

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konteks yang salah. Video itu adalah kecelakaan di Morowali, Sulawesi Tengah, bukan Batam.

=====

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH

=====

Sumber: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/VSxpJ

=====

Narasi:
“Kecelakaan di Tanjung uncang..
#batam
#TanjungUncang”.

=====

Penjelasan:
Artikel disadur dari Kompas.
Akun Facebook bernama Muhammad Rodja mengunggah video yang menunjukkan beberapa orang tergeletak berdarah setelah kecelakaan. Muhammad Rodja mengklaim video itu adalah kecelakaan di Tanjung Uncang, Batam.

Setelah dilakukan pencarian oleh tim Kompas, Kepala Unit Penegakan Hukum Lalu Lintas Polresta Barelang, Iptu Viktor Hutahaean telah memastikan bahwa kecelakaan tersebut tidak terjadi di Tanjung Uncang, tetapi Morowali. Informasi ini dilansir dari artikel Batam Pos yang berjudul “Polisi Pastikan Kecelakaan di Tanjunguncang Hoaks”.

Selain itu, melansir dari Tribun Palu, dugaan sementara kecelakaan di Tanjung Uncang tersebut terjadi ketika mobil pick up milik PT Senapati Sinergi Tujuh Tujuh (SSTT) terguling karena sopir pick up kehilangan kendali saat hendak menyalip bus dan kemudian muncul kendaraan lain dari arah yang berlawanan.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh akun Facebook Muhammad Rodja merupakan konteks yang salah.

=====

Referensi:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/09/24/142800282/-klarifikasi-video-kecelakaan-di-morowali-dinarasikan-terjadi-di-batam


https://metro.batampos.co.id/polisi-pastikan-kecelakaan-di-tanjunguncang-hoaks/


https://palu.tribunnews.com/2024/09/22/pick-up-angkut-pekerja-di-bahodopi-morowali-terguling-2-karyawan-tewas#google_vignette