[SALAH] Prabowo Resmi Maju Tanpa Gibran Imbas Akun Fufufafa

Periksa Fakta Sukma

Faktanya, video tersebut tidak membahas mengenai Prabowo yang resmi maju tanpa Gibran melainkan membahas mengenai respon pengamat politik terkait akun fufufafa.

=====

[KATEGORI]: Konten Palsu

=====

[SUMBER]: Youtube (https://ghostarchive.org/varchive/zHs8DP5mZyU)

=====

[NARASI]
PRABOWO TANPA GIBRAN

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun youtube dengan nama Pilihan Rakyat mengunggah sebuah postingan dengan klaim Prabowo resmi maju tanpa Gibran imbas dari adanya akun fufufafa pada 26 September 2024.

Namun, setelah ditelusuri lebih lanjut, isi video tersebut tidak mendukung klaim yang disampaikan pada judul dan juga thumbnail video. Dalam video berdurasi 11 menit tersebut, pengunggah menggunakan potongan-potongan video dari berbagai pihak yang membahas mengenai respon atas terkuaknya akun fufufafa yang saat ini sedang memanas. Contohnya saja pada menit ke 2:29 pengunggah menggunakan potongan video milik akun youtube Abraham Samad SPEAK UP. Tak hanya itu, pengunggah juga menggunakan potongan video lain seperti pada menit ke 4:26 yang merupakan video milik akun youtube Rocky Gerung Official dengan judul “Heboh! Trending, Gerakan Pasang Foto Presiden Prabowo Saja. Gibran Diganti Fufufafa.”

Oleh sebab itu, klaim Prabowo maju tanpa Gibran imbas munculnya akun fufufafa tidak benar adanya.
=====

Referensi:
[1] https://www.youtube.com/watch?v=pD-qlEDyxqQ
[2] https://www.youtube.com/watch?v=lPlDh5B_te4