[SALAH] Perbandingan Foto Antrean Beras Tahun 1965 dan 2024, “Bedanya Sekarang Ada Jalan Tol Guys”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Foto yang diklaim antrean beras pada tahun 1965 tersebut faktanya diambil pada 1947 saat warga lokal mengantre untuk pembagian pakaian yang diberikan oleh Palang Merah. Sedangkan foto yang diklaim antrean beras pada tahun 2024 merupakan foto yang sudah terpublikasi sejak September 2023. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://archive.ph/swpui

= = =

Narasi:

“antri beras tahun 1965, antri beras tahun 2024”

“Bedanya sekarang ada jalan tol guys…”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah foto di Facebook yang menunjukkan foto perbandingan dari antrean beras pada tahun 1965 dan 2024, pengunggah foto itu mengatakan bahwa perbedaan di antara kedua waktu tersebut adalah sekarang sudah ada jalan tol.

Pemeriksa Fakta Mafindo di turnbackhoax.id sebelumnya telah menelusuri kedua foto tersebut, klaim yang dikaitkan dengan foto tersebut menyesatkan.

Terkait foto hitam-putih itu menunjukkan antrean warga Indonesia yang sedang menunggu pembagian baju oleh Palang Merah pada September 1947, bukan antrean beras pada tahun 1965. Foto tersebut, yang hak ciptanya dimiliki oleh Time Life, diambil oleh John Florea dan dapat ditemukan di laman images.google.com.

Sementara itu, foto berwarna yang diklaim sebagai antrean beras pada tahun 2024 sebenarnya sudah dipublikasikan dalam artikel IDN Times Jabar pada September 2023 dengan judul “Warga Bandung Rela Antri Berjam-jam Demi Beras dan Minyak Murah”.

Dengan demikian, perbandingan foto antre beras tahun 1965 dan 2024 adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

= = =