[SALAH] Menempelkan Bawang Merah di Kaki Anak Mampu Meredakan Demam dan Flu

Periksa fakta Sukma

Faktanya, dengan menempelkan bawang merah di tubuh anak tidak terbukti mampu meredakan demam dan flu. Bawang merah tersebut justru membuat kulit anak iritasi.

=======
 [KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

========
 [SUMBER]: Tiktok (https://ghostarchive.org/archive/Jv1Je)

========
[NARASI]:
ibu ibu wajib tau hanya satu malam demam, flu dan batuk sembuh total #manfaat #khasiat #alami #fyp
========
 [PENJELASAN]:
Sebuah akun tiktok membagikan postingan mengenai khasiat potongan bawang merah dicampur dengan minyak kayu putih yang diklaim mampu menyembuhkan demam, flu, dan batuk pada anak. Dalam video berdurasi 26 detik tersebut pengunggah memotong kasar bawang merah yang dicampurkan dengan minyak kayu putih lalu ditempelkan pada kaki anaknya yang kemudian dibalut oleh kaos kaki.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, pengobatan dengan meletakkan bawang merah di tubuh anak bagian manapun belum terbukti memberikan khasiat untuk menyembuhkan penyakit di tubuh anak. Selain itu, dr. Ardi Santoso yang berprofesi sebagai dokter anak menyatakan bahwa dengan mengoleskan bawang merah yang dicampurkan dengan minyak-minyak seperti minyak kayu putih tidak akan menyembuhkan sakit pada anak akan tetapi justru akan membuat kulit anak terbakar karena sifat bawang merah yang iritatif.

Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa menempelkan bawang merah di kaki anak dapat mengobati demam, flu, dan batuk tidak benar adanya.
========
[REFERENSI]:
[1] https://www.idntimes.com/health/fitness/nurulia-r-fitri/menempelkan-bawang-merah-ke-telapak-kaki-anak-bisa-redakan-batuk
[2] https://vt.tiktok.com/ZS2CrFY3p/