[SALAH] KYAI IMAD KETURUNAN PKI

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, tidak ada informasi yang dapat membenarkan klaim yang beredar ini. Beberapa hal di dalam unggahan akun Facebook ini pun terbukti mengandung kekeliruan.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MANIPULATED CONTENT/Konten yang Dimanipulasi

=====
[SUMBER]: FACEBOOK
https://ghostarchive.org/archive/UYu7D

=====
[NARASI]:

“Pengakuan Murid yg sangat MEMBAGONGKAN
Walaupun KH. Imaduddin Utsman Anak Hasil Zina keturunan China PKI tapi Beliau tetap seorang Ulama yg wajib di hor mati

Kyai Imad Ternyata Keturunan PKI, Siapa Saja?”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan melalui media sosial Facebook, narasi yang menyebutkan bahwa salah satu kyai besar di Indonesia, KH Imaduddin Utsman, merupakan seorang keturunan PKI. Akun bernama Wicky Arie Sandy membagikan gambar seperti hasil tangkapan layar unggahan Facebook dari seseorang bernama Mohammad Yasin yang diklaim sebagai murid dari tokoh yang akrab disapai Kyai Imad ini. Terdapat di dalam unggahan tersebut, Mohammad Yasin menyebutkan bahwa Kyai Imad merupakan anak hasil zina dengan keturunan Cina PKI. Terdapat pula hasil tangkapan layar artikel dari media infobanknews yang berjudul “Kyai Imad Ternyata Keturunan PKI, Siapa Saja?”.

Lalu apakah benar KH. Imaduddin Utsman atau akrab disapai Kyai Imad merupakan seorang berketurunan Cina PKI?

Setelah melakukan penelusuran terkait dengan narasi yang beredar tersebut, didapati sebuah fakta yang menunjukkan bahwa unggahan tersebut mengandung beberapa kekeliruan. Pertama, mengenai hasil tangkapan layar artikel dari media infobanknews. Setelah menelusuri laman media online ini, tidak ditemukan artikel dengan judul demikian yang pernah terbit sebelumnya. Salah satu artikel yang mirip dengan hasil tangkapan layar tersebut adalah artikel yang terbit pada September 2023 lalu, yang berjudul “4 Artis Ini Ternyata Keturunan PKI, Siapa Saja?”.

Kedua, mengenai narasi yang tampak berasal dari akun Muhammad Yasin, yang disebut sebagai murid dari Kyai Imad. Setelah melakukan penelusuran kembali akun dengan nama Muhammad Yasin, tidak ditemukan akun dengan foto profil seperti yang ada di dalam unggahan. Tidak ada pula informasi yang dapat ditemui perihal ungkapan Muhammad Yasin yang menyebutkan bahwa Kyai Imad merupakan keturunan Cina PKI.

Ketiga, tidak ditemukan informasi lengkap mengenai orangtua atau garis keturunan dari kyai yang bernama lengkap KH Imaduddin Utsman al-Bantani. Namun diketahui Kyai Imad merupakan ulama kelahiran Cempaka-Kresek, Kabupaten Tanggerang pada 15 Agustus 1976. Utsman sendiri adalah nama kakek dari ibunya yang hidup di tengah-tengah keluarga Bani Utsman di Kresek, Tanggerang. Sementara “al-Bantani” menunjukkan asal daerahnya.

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang menyebutkan bahwa KH Imaduddin Utsman merupakan seorang keturunan PKI, merupakan sebuah klaim yang tidak terbukti. Unggahan dengan klaim semacam ini dapat dikategorikan sebagai manipulated content atau konten yang dimanipulasi. 

=====
[REFERENSI]:

https://infobanknews.com/4-artis-ini-ternyata-keturunan-pki-siapa-saja

https://banyumas.tribunnews.com/2024/06/25/profil-kh-imaduddin-utsman-al-bantani-ulama-muda-nu-yang-berani-merontokkan-keabsahan-nasab-habib

https://www.suara.com/lifestyle/2024/07/01/124834/profil-kh-imaduddin-utsman-beri-bukti-tak-ada-nasab-habib-di-indonesia-skakmat-bahar-bin-smith

====

https://www.facebook.com/100000879240447/posts/8342652252440667/?mibextid=rS40aB7S9Ucbxw6v