[SALAH] KPK Merampas Harta Jokowi

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Faktanya unggahan dengan klaim KPK merampas harta Jokowi adalah konten palsu. Tidak ditemukan bukti valid terkait hal tersebut. Selain itu foto dalam thumbnail tidak berhubungan.

=======

[KATEGORI]: Konten Palsu

=======

[SUMBER]:
https://ghostarchive.org/varchive/cXTmY56hZUU

=======

[NARASI]: UANG HARAM MULYONO BERHASIL DI RAMPAS KPK… HASIL JUAL TANAH AIR?

=======

[PENJELASAN]:

Sebuah channel Youtube Mimbar Politik mengunggah video dengan klaim bahwa harta Jokowi telah berhasil dirampas KPK. Dalam thumbnail digambarkan KPK sedang menunjukkan barang bukti sejumlah uang dalam jumlah yang banyak.

Namun setelah ditelusuri,  tidak ditemukan bukti yang valid terkait perampasan harta milik Jokowi. Dilansir dari RM.id, foto dalam thumbnail tersebut merupakan foto saat Wakil Ketua KPK Saut Situmorang saat konferensi pers, menunjukkan barang bukti OTT Kemenpora di Gedung KPK, Jakarta (19 Desember 2024). Sehingga tidak ada hubungannya dengan perampasan harta milik Presiden Jokowi.

Dalam video berdurasi 6 menit 23 detik tersebut sama sekali tidak menyebutkan perampasan harta oleh KPK. Unggahan tersebut hanya membahas mengenai beberapa kerusakan yang terjadi pada era Jokowi. Salah satunya kebijakan ekspor sedimen laut yang telah disetujui Presiden Jokowi.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa unggahan dengan klaim di atas adalah konten palsu.

=======

[REFERENSI]:
https://rm.id/baca-berita/nasional/1304/kasus-dana-hibah-kemenpora-kpk-tetapkan-5-tersangka-ott-kemenpora-koni#google_vignette