[SALAH] Korea Utara Melarang Kewarganegaraan Israel, Jepang, dan Amerika mengikuti Pariwisata musim dingin

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Faktanya, Korea Utara membuka kembali Pariwisata Musim Dingin pada Desember 2024. Dilansir dari BBC.com, bahwa otoritas Korea Utara mengizinkan wisatawan dari negara mana pun untuk ikut serta dalam perjalanan tersebut, kecuali Korea Selatan. Namun, AS melarang warganya bepergian ke Korea Utara.

[KATEGORI]
Konten yang menyesatkan

[SUMBER]
https://ghostarchive.org/archive/6y017

[NARASI]
” Korea Utara mengumumkan akan membuka pariwisata ke seluruh negara di dunia, kecuali negara yang memiliki kewarganegaraan Israel, Jepang, dan Amerika, pada musim dingin tahun 2025″

[PENJELASAN]
Akun TikTok @Igunana0 membagikan video yang menginformasikan Korea Utara membuka kembali pariwisata internasional musim dingin, namun tidak untuk kewarganegaraan Israel, Jepang dan Amerika Serikat. Unggahan yang telah dilihat 600 ribu kali di TikTok itu, menampilkan foto-foto pariwisata di Korea utara. Faktanya, tidak benar jika pemerintah Korea Utara melarang kewarganegaraan Israel, Jepang, dan Amerika Serikat untuk berkunjung ke Korea Utara.

Setelah dilakukan penelusuran Google dengan kata kunci “pariwisata musim dingin Korea Utara dibuka” ditemukan informasi jika satu-satunya negara yang dilarang berkunjung adalah kewarganegaraan Republik Korea atau Korea Selatan. Tidak ditemukan informasi jika kewarganegaraan Israel, Jepang, dan Amerika Serikat turut dilarang.

Dilansir dari BBC.com, bahwa otoritas Korea Utara mengizinkan wisatawan dari negara mana pun untuk ikut serta dalam perjalanan tersebut, kecuali Korea Selatan. Namun, AS melarang warganya bepergian ke Korea Utara.

KoryoTour mengabarkan pada laman resminya, bahwa pariwisata ke Samjiyon dan kemungkinan seluruh negara akan dilanjutkan pada Desember 2024.

[REFERENSI]
https://koryogroup.com/blog/north-korea-is-open-for-tourism-official-announcement

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20240915224448-269-1144730/mau-coba-liburan-ke-korea-utara-ternyata-cara-dan-syaratnya-tak-sulit

https://travel.detik.com/travel-news/d-7539923/korea-utara-mulai-terima-turis-di-akhir-tahun-negara-mana-yang-akan-datang

https://www.bbc.com/news/articles/cvg3wzkx8k8o