[SALAH] Jokowi Pasrah, Satu Keluarga Masuk Penjara

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Faktanya tidak ada bukti yang valid yang menyatakan Presiden Jokowi sekeluarga masuk penjara. Unggahan hanya berisi potongan video yang tidak berkaitan.
=======
[KATEGORI]: Konten Palsu
=======
[SUMBER]:
https://ghostarchive.org/varchive/J_WGQ36p0VM
=======
[NARASI]: JOKOWI PASRAH, SEKELUARGA MASUK PENJARA

=======
[PENJELASAN]:
Sebuah channel Youtube Mimbar Politik mengunggah video dengan klaim bahwa keluarga Jokowi masuk penjara. Video tersebut diupload pada tanggal 26 September 2024.

Namun setelah ditelusuri berita mengenai pengunduran jadwal tersebut tidak benar. Tidak ada bukti yang kredibel yang dapat membuktikan klaim narasi tersebut. Dilansir dari presidenri.go.id, pada tanggal 28 September 2024, Presiden Jokowi berada di Kapal Rumah Sakit (KRI) dr. Radjiman Wedyodiningrat untuk menerima penghargaan Brevet Kehormatan Hiu Kencana.

Dalam video berdurasi 10 menit 23 detik tersebut tidak menyebutkan bahwa seluruh anggota keluarga Jokowi dipenjara. Namun hanya berisi potongan video yang tidak berkaitan. Salah satunya yaitu video dari Channel Youtube KEREN CADAS CHANNEL berjudul “SKENARIO ‘SENYAP’ PRABOWO-MEGAWATI BAKAL HAPUS JEJAK REZIM JKW! PER4NG 2 ISTANA TAK TERELAKKAN!”. Tepatnya pada menit ke 5:12 hingga 16:27. Sehingga dapat disimpulkan bahwa unggahan dengan klaim di atas adalah konten palsu.
=======
[REFERENSI]:
https://www.presidenri.go.id/siaran-pers/presiden-jokowi-terima-brevet-hiu-kencana-di-atas-kri-rjw-992/