[SALAH] Jokowi Pasrah Gibran Ditangkap KPK

Periksa Fakta Sukma

Faktanya, narasi yang disampaikan di dalam video tersebut tidak sesuai dengan klaim yang dituliskan pada judul dan thumbnail video. Sehingga, informasi mengenai penangkapan Gibran oleh KPK tidaklah benar.

=====

[KATEGORI]: Konten Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: Youtube (https://ghostarchive.org/varchive/7JDuG-urRUo)

=====

[NARASI]
BERITA TERKINI ~ JOKOWI PASRAH GIBRAN DI OTT KPK.?? ~ KABAR AKURAT

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun youtube dengan nama Kabar Akurat mengunggah sebuah video pada 25 September 2024 dengan klaim bahwa KPK telah melakukan OTT (Operasi Tangkap Tangan) kepada Gibran Rakabuming Raka hingga membuat Jokowi pasrah.

Faktanya, isi di dalam video tersebut tidak sesuai dengan klaim yang dituliskan pada judul dan thumbnail video. Pengunggah justru menyampaikan narasi terkait PDI Perjuangan (PDIP) yang menilai KPK tebang pilih dalam menangani perkara dugaan tindak pidana korupsi yang dilaporkan masyarakat tanpa sedikitpun membahas mengenai penangkapan Gibran. Narasi tersebut sesuai dengan artikel unggahan Bisnis.com dengan judul “PDIP Tuding KPK Tebang Pilih Tangani Aduan Korupsi, Singgung Kasus Gibran dan Kaesang”

Hingga saat belum ditemukan informasi resmi yang dikeluarkan oleh pihak terkait mengenai penangkapan Gibran.

=====

Referensi:
https://www.msn.com/id-id/berita/other/pdip-tuding-kpk-tebang-pilih-tangani-aduan-korupsi-singgung-kasus-gibran-dan-kaesang/ar-BB1nFnG6#:~:text=Bisnis.com,%20JAKARTA%20%E2%80%94%20PDI%20Perjuangan%20(PDIP)%20menilai%20KPK%20tebang%20pilih