[SALAH] Jokowi Merupakan Dalang Korupsi Timah 300T

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Faktanya tidak ada bukti terkait hal tersebut. Dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk, telah ditetapkan 1 tersangka perintangan penyidikan dan 22 tersangka pokok perkara.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====
[SUMBER]:
https://ghostarchive.org/varchive/1AxIBThbNDU

====

[NARASI]:JKW PANIK DI PANGGIL KEJAGUNG ?@garispolitik1320
TERNYATA INI BIANGNYA
JKW DALANG TIMAH 300 TRILYUN

====
[PENJELASAN]:
Akun Youtube Garis Politik mengunggah sebuah video dengan klaim bahwa Jokowi merupakan dalang kasus korupsi timah dengan total kerugian negara hingga 300 triliun

Setelah dilakukan penelusuran, gambar thumbnail yang ditampilkan merupakan hasil manipulasi dari gabungan beberapa gambar yang berbeda. Saat ditelusuri menggunakan google lens, ditemukan bahwa foto thumbnail merupakan foto pengumuman tersangka kasus minyak goreng oleh Jaksa Agung ST Burhanuddin. Kemudian digabung foto Kejagung saat umumkan tersangka kasus korupsi Tol Jakarta-Cikampek. 

Berdasarkan hasil penelusuran, tidak ada informasi bahwa Jokowi merupakan dalang kasus korupsi Timah 300T. Cuplikan video yang ditampilkan juga tidak mendukung klaim video.

Narator hanya membacakan narasi dari mediaindonesia.com berjudul “Anggota DPR Minta Jaksa Berani Panggil Jokowi Terkait Kasus Korupsi Timah”. Artikel tersebut membahas mengenai anggota Komisi VII DPR Mulyanto meminta Jaksa Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta Pusat memanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dimintai keterangan terkait kasus korupsi PT Timah yang merugikan negara Rp 300 triliun. Karena menurutnya pengadilan harus memanggil Jokowi untuk mengungkap fakta yang sebenarnya. Namun hingga sekarang tidak ditemukan bukti bahwa Jokowi dipanggil oleh Kejagung untuk memberikan keterangan terkait kasus korupsi timah tersebut.

Terkait kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk, Kejaksaan Agung (Kejagung) pun telah menetapkan 22 tersangka. Satu diantaranya yaitu Harvey Moeis yang merupakan suami artis Sandra Dewi.  Berdasarkan hal tersebut, unggahan dengan klaim di atas merupakan konten yang dimanipulasi.
.
==========
[REFERENSI]
https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/701029/anggota-dpr-minta-jaksa-berani-panggil-jokowi-terkait-kasus-korupsi-timah
https://www.cnbcindonesia.com/market/20240618120144-17-547218/kerugian-negara-tembus-rp-300-triliun-ini-22-tersangka-kasus-timah
https://www.publiksatu.co/hukum/1522960698/kejagung-akan-umumkan-tiga-tersangka-kasus-korupsi-tol-jakarta-cikampek
https://radarcirebon.disway.id/read/135036/tersangka-kasus-minyak-goreng-dirjen-kemendag-langsung-ditahan