[SALAH] Istri Rudiana Menjadi Tersangka Baru Kasus Pembunuhan Vina Cirebon

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Faktanya judul dan isi video tidak berkaitan. Tidak ditemukan bukti kredibel terkait pembongkaran makam keterkaitan istri Iptu Rudiana dalam kasus pembunuhan Vina. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi.
=======
[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi
=======
[SUMBER]: https://web.archive.org/save/https://youtu.be/e8NQZDYe2bA?si=kjhnnZ4AiE3mbqzs
=======
[NARASI]:
ISTRI RUDIANA TERSANGKA BARU? Detik-detik Komplotan Rudiana Dijemput Paksa Tim Kapolri Listyo Sigit
=======
[PENJELASAN]:
Sebuah channel Youtube bernama Aktual Info pada 2 September 2024 mengunggah video dengan klaim menyatakan istri Iptu Rudiana terseret dalam kasus pembunuhan Vina dan ditetapkan menjadi tersangka. Klaim tersebut diperkuat dengan gambar thumbnail yang menampilkan Iptu Rudiana dan seorang wanita memakai masker dengan tangan diborgol.

Setelah dilakukan penelusuran, dilansir dari hukumkriminal.net, foto yang termuat dalam thumbnail aslinya merupakan foto tersangka tindak pidana korupsi pengelolaan tata niaga komoditas timah yaitu HM dan HLN. Foto tersebut telah disunting sedemikian rupa menjadi wajah Iptu Rudiana. Dan dalam video tersebut sama sekali tidak membahas keterlibatan istri Rudiana dalam kasus pembunuhan Vina.

Tidak ada bukti kredibel yang menyatakan bahwa istri Rudiana menjadi tersangka dalam kasus pembunuhan Vina. Dilansir dari Kompas.com berita mengenai Iptu Rudiana ditetapkan jadi tersangka kasus pembunuhan Vina adalah tidak benar. Sehingga unggahan dengan klaim di atas adalah konten yang dimanipulasi.

=======
[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/06/14/181900682/-hoaks-iptu-rudiana-ditetapkan-tersangka-kasus-pembunuhan-vina
https://www.hukumkriminal.net/tersangka-hm-dan-hln-tahap-ii-perkara-korupsi-rp300-trilyun/