[SALAH] Hindari Pasta Gigi Fluoride karena Sebabkan Penurunan IQ

Hasil periksa fakta Agnes A

Informasi yang menyesatkan. Kandungan fluoride dalam pasta gigi ada dalam dosis wajar dan tidak berbahaya.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.ph/9fCuo (Twitter/X)

=====

[NARASI]:

“NI PENTING BANGET APALAGI YANG PUNYA BAYI ATO ANAK KECIL.

Fluoride itu udah terbukti bisa menyebabkan PENURUNAN IQ di anak-anak.

Ini lawsuit-nya baru aja dimenangin di US, jadi mau ga mau pemerintah harus bikin regulasi baru buat mastiin fluoride ini ga masuk ke tap water di sini.

Hindarin pasta gigi ber-fluoride juga, ya. Banyak, kok, pasta gigi tanpa fluoride di luar sana.

Kita di rumah udah dari dulu stop pake pasta gigi ber-fluoride.

Ini sebenernya udah lama desas-desusnya, tapi mungkin riset lengkapnya baru rampung belakangan ini. Makanya langsung menang lawsuit.”

=====

[PENJELASAN]:

Akun Twitter @einedame mengunggah cuitan dengan ajakan untuk menghindari penggunaan pasta gigi dengan kandungan fluoride khususnya bagi bayi dan anak-anak. Dalam cuitannya, akun tersebut menyebutkan kandungan fluoride dapat menyebabkan penurunan IQ. Menurutnya, hal ini sesuai dengan gugatan yang dimenangkan di Amerika Serikat berkaitan dengan kandungan fluoride pada tap water.

Namun dikutip dari laman resmi Natiobal Library of Medicine, kandungan fluoride pada pasta gigi terbukti bermanfaat untuk kesehatan gigi agar terhindar dari karies dan kerusakan gigi lainnya. Penggunaan pasta gigi dengan fluoride direkomendasikan bagi anak usia dua tahun.

Hal serupa juga disampaikan oleh CDC, bagian dari Department Health and Human Service Amerika Serikat, melalui laman resminya.

Terkait dengan gugatan yang dimaksud dalam cuitan tersebut, dikutip dari science.org, pengadilan di Amerika Serikat hanya mengatakan bahwa tidak ada bukti kuat bahwa tidak ada efek samping yang merugikan. Namun efek samping ini tergantung dosis. Dalam artikel ini disebutkan bahwa gugatan kandungan fluoride ini bukan pada pasta gigi, melainkan pada tap water.

Toksisitas fluoride hanya akan terjadi bila dalam jumlah yang sangat besar. Beberapa jurnal mengatakan toksisitas fluor terjadi pada dosis 40–80 mg/kg berat badan, sedangkan dosis fluor dalam pasta gigi hanya sebesar 0,016 and 0,15 mg dalam satu dosis pemakaian pasta gigi atau sebesar biji jagung.

Informasi yang menyebut bahwa fluoride dalam pasta gigi memiliki dampak menurunkan IQ adalah informasi yang menyesatkan. Kandungan fluoride dalam pasta gigi ada dalam dosis wajar dan tidak berbahaya.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8439270/
– https://www.cdc.gov/mmwr/volumes/68/wr/mm6804a3.htm
– https://www.science.org/content/article/does-fluoride-drinking-water-lower-iq-question-looms-large-court-battle
– https://turnbackhoax.id/2023/11/28/salah-menelan-pasta-gigi-fluoride-sebabkan-iq-rendah-dan-gigi-kuning/