[SALAH] Hewan “Sapi Laut” Terdampar di Bangkalan, Madura

Hasil periksa fakta Panji

Berdasarkan dua situs pendeteksi AI menyebutkan hasil jika video yang menampilkan hewan yang dinamai sapi laut tersebut adalah video yang dibuat dengan manipulasi AI.

===========

[KATEGORI]: Konten palsu

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/E0isS (arsip)

===========

[NARASI]:

Nelayan sukolela.. Bangkalan.. nangkap Sapi Laut. 

Baru tahu skrg jika ada sapi laut. Subhanallaah

===========

[PENJELASAN]:

Ditemukan sebuah video yang diunggah di Facebook menampilkan video seekor hewan yang disebut dengan “sapi laut” sedang terdampar di pantai Bangkalan, Madura. Hewan ini memiliki ciri fisik menyerupai anjing laut, tapi memiliki tanduk kepala seperti seekor sapi.

Untuk memastikan kebenaran dari video tersebut, dilakukan pengecekan di beberapa seperti situs Sightengine, AI Detect Content, dan situs Hugging Face. Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui apakah video tersebut dibuat dengan menggunakan AI atau tidak.

Berdasarkan situs Sightengine video tersebut mendapatkan persentase sebesar 98% dibuat menggunakan AI, pada situs AI Detect Content mendapatkan persentase 62%, sedangkan pada situs Hugging Face menunjukan jika video tersebut memiliki persentase sebanyak 97% dibuat dengan AI.

Berdasarkan data tersebut maka disimpulkan jika video yang beredar mengenai penemuan hewan yang dinamai sapi laut tersebut merupakan video yang dimanipulasi menggunakan AI.

===========

 [REFERENSI] :

https://sightengine.com/detect-ai-generated-images

https://aidetectcontent.com/ai-generated-image-detector/

https://huggingface.co/spaces/umm-maybe/AI-image-detector