[SALAH] HASIL TANGKAPAN LAYAR ARTIKEL BERJUDUL “Ustadz Abdul Somad :Masuk Rumah Sakit (RS) Karena Penyakit Sipilis”

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, tidak ada artikel dengan judul demikian yang diterbitkan oleh media Suara.com, seperti yang terlihat dalam gambar.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MANIPULATED CONTENT/Konten yang Dimanipulasi

=====
[SUMBER]: FACEBOOK
https://ghostarchive.org/archive/fPRj8

=====
[NARASI]:

“Ustadz Abdul Somad :Masuk Rumah Sakit (RS) Karena Penyakit Sipilis”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar hasil tangkapan layar artikel dengan judul “Ustadz Abdul Somad :Masuk Rumah Sakit (RS) Karena Penyakit Sipilis”. Artikel tersebut tampak berasal dari salah satu media nasional yaitu Suara.com. Lalu apakah benar terdapat artikel dari media Suara.com yang berjudul demikian?

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut terkait hasil tangkapan layar tersebut, ditemukan fakta yang menunjukkan bahwa hasil tangkapan layar tersebut merupakan hasil editan. Pasalnya, tidak ditemukan artikel dengan judul serupa pada laman Suara.com.

Jika melakukan penelusuran terhadap gambar yang terdapat di dalam hasil tangkapan layar tersebut, maka dapat ditemukan artikel yang memakai gambar serupa. Artikel dengan gambar serupa dapat dilihat pada media Suara.com, dengan judul “Kronologi UAS yang Diduga Dideportasi dari Singapura” yang diterbikan oleh media Suara.com pada 17 Mei 2022 lalu.

Jadi dapat disimpulkan, hasil tangkapan layar artikel berjudul “Ustadz Abdul Somad :Masuk Rumah Sakit (RS) Karena Penyakit Sipilis” adalah gambar yang telah diedit. Unggahan semacam ini dapat dikategorikan sebagai manipulated content atau konten yang dimanipulasi.

=====
[REFERENSI]:

https://www.suara.com/news/2022/05/17/153005/kronologi-uas-yang-diduga-dideportasi-dari-singapura

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5708654/cek-fakta-hoaks-artikel-ustaz-abdul-somad-masuk-rs-akibat-raja-singa?

=====
https://www.facebook.com/groups/indonesiabersuara2021/permalink/4114530775441358/?app=fbl