[SALAH] HASIL TANGKAPAN LAYAR ARTIKEL BERJUDUL, “Susu Ikan Ternyata Ada. Ditemuka Sosok Lele Tobrut Di Sungai Jawa Tenggara”

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, tidak ditemukan adanya artikel dengan judul demikian. Hasil tangkapan layar tersebut merupakan gambar yang telah diedit.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: SATIRE/PARODI

=====
[SUMBER]: FACEBOOK
https://ghostarchive.org/archive/sxCIn

=====
[NARASI]:
“Akhirnya bahan baku untuk makan bergizi gratis sudah di temukan :palms_up_together::innocent::innocent:
Buruan di kasih Bra biar susunya tidak terlihat oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab :bikini::bikini::bikini:”

“Susu Ikan Ternyata Ada. Ditemuka Sosok Lele Tobrut Di Sungai Jawa Tenggara”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan melalui media sosial Facebook, hasil tangkapan layar sebuah artikel dengan judul, “Susu Ikan Ternyata Ada. Ditemuka Sosok Lele Tobrut Di Sungai Jawa Tenggara”. Gambar hasil tangkapan layar artikel yang terlihat dibuat pada 15 September 2024 tersebut, dibagikan oleh akun bernama Yus Hernusantara. Lalu apakah benar terdapat artikel yang mengulas mengenai ikan lele yang memiliki susu?

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut mengenai hasil tangkapan layar tersebut, ditemukan fakta yang menunjukkan bahwa gambar tersebut merupakan hasil editan. Pasalnya, tidak ditemukan artikel dengan judul demikian yang pernah beredar melalui media online. Sementara gambar ikan lele yang tampak seperti memiliki kelenjar susu, dapat dilihat pada ulasan yang terbit di laman ikatani.com pada bulan Desember 2014 lalu. Di dalam artikel yang berjudul, “Mengatasi Penyakit Kembung pada Lele”, dapat dilihat gambar dua ikan lele yang mirip dengan yang terdapat di dalam unggahan milik Yus Hernusantara. Dapat dilihat adanya editan pada salah satu gambar ikan lele yang memperlihatkan seolah-olah ikan lele tersebut memiliki kelenjar susu.

Jadi dapat disimpulkan, hasil tangkapan layar artikel berjudul, “Susu Ikan Ternyata Ada. Ditemuka Sosok Lele Tobrut Di Sungai Jawa Tenggara”, merupakan sebuah gambar editan. Unggahan seperti ini dapat dikategorikan sebagai konten satire/parodi.

=====
[REFERENSI]:

https://www.ikantani.com/2014/12/mengatasi-penyakit-kembung-pada-lele.html?m=1

=====

https://www.facebook.com/100000169998021/posts/9243386452343596/?mibextid=rS40aB7S9Ucbxw6v