[SALAH] Gibran Resmi Ditangkap dengan Kasus KKN

Hasil periksa fakta Panji

Thumbnail video merupakan hasil manipulasi sehingga membuat Gibran seolah sedang ditangkap dengan rompi orange, selain itu isi video juga tidak membuktikan tentang benar adanya penangkapan kepada putra Presiden tersebut.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: Youtube https://ghostarchive.org/varchive/8sF9sywxjq0 (arsip)

===========

[NARASI]:

JOKOWI HANYA BISA DIAM GIBRAN AKHIRNYA RESMI DI TETAPKAN SEBAGAI TERSANGKA KKN

===========

[PENJELASAN]: 

Sebuah video di Youtube menyebarkan sebuah klaim jika Gibran telah ditangkap atas kasus KKN, pada thumbnail video terlihat Gibran sedang ditangkap saat mengenakan masker dan baju lengan panjang berwarna hijau.

Saat ditelusuri dengan bantuan Google Lens, ditemukan hasil jika thumbnail tersebut merupakan foto penangkapan mantan Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, yang diupload oleh Liputan6 pada tahun 2022 lalu. Namun, foto tersebut sudah diedit dengan mengganti muka Rahmat Effendi menjadi muka Gibran dan menambahkan foto Presiden Jokowi yang berdiri di sampingnya.

Selain thumbnail yang telah dimanipulasi, isi video tersebut juga tidak memberikan bukti kebenaran jika Gibran telah ditangkap terkait dengan kasus KKN. Isi video hanya menjelaskan tentang artikel dari Tempo berjudul, “TKN Prabowo-Gibran Bilang Perusahaan Perusak Lingkungan Harus Dihukum Seberat-beratnya”.

Artikel yang diunggah pada 21 Januari 2024 ini hanya membahas tentang Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budisatrio Djiwandono, yang memberikan pernyataan jika pasangan nomor urut 2 berpihak penuh terhadap upaya konservasi alam. Menurut dia, Prabowo-Gibran akan memberikan hukuman berat kepada pihak yang merusak alam.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.liputan6.com/news/read/4853252/wali-kota-bekasi-rahmat-effendi-bungkam-saat-akan-dibawa-ke-tahanan-kpk?

https://nasional.tempo.co/read/1823919/tkn-prabowo-gibran-bilang-perusahaan-perusak-lingkungan-harus-dihukum-seberat-beratnya