[SALAH] FIFA Resmi Bekukan Federasi BFA Bahrain Efek Curangi Timnas Jepang

Periksa Fakta Sukma

Faktanya, hingga saat ini tidak ditemukan pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh FIFA terkait pembekuan federasi BFA Bahrain.

=====
[KATEGORI]: Konten Palsu

=====
[SUMBER]: Youtube (https://ghostarchive.org/varchive/uw6_rFjt_UY)

=====
[NARASI]
JADI SOROTAN DUNIA :bangbang: FIFA RESMI BEKUKAN FEDERASI ” BFA ” BAHRAIN, EFEK CURANG LAWAN TIMNAS JEPANG
=====
[PENJELASAN]:
Sebuah akun youtube dengan nama Timnas Pedia mengunggah sebuah video dengan klaim FIFA resmi membekukan Federasi BFA (Bahrain Football Association) dampak dari sikap suporternya yang curangi Timnas Jepang pada 18 September 2024.

Namun, setelah disimak lebih lanjut, narasi dalam video tersebut tidak menjelaskan mengenai informasi pihak perwakilan FIFA terkait pembeukan federasi BFA. Narator hanya menjelaskan terkait kronologi bombardir laser pointer yang diarahkan oleh supporter Bahrain kepada pemain Timnas Jepang.

Hingga saat ini pun tidak ditemukan informasi resmi yang menyatakan bahwa FIFA membekukan BFA sebagai akibat dari tindakan curang suporternya. Tak hanya itu, thumbnail dalam video tersebut pun hanyalah gabungan beberapa foto yang diedit sedemikian rupa seakan-akan pihak FIFA sedang melakukan konferensi pers terkait pembekuan BFA. Sehingga, klaim mengenai FIFA membekukan BFA tidak benar adanya.

=====
Referensi:
https://www.suara.com/news/2024/09/16/101000/cek-fakta-timnas-bahrain-resmi-disanksi-fifa-usai-ulah-suporternya-viral-di-medsos