[SALAH] FIFA dan AFC Resmi Sanksi Timnas Jepang, Indonesia Auto Lolos Piala Dunia

Periksa Fakta Sukma

Faktanya, hingga saat ini tidak ditemukan pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh FIFA dan AFC terkait sanksi yang diberikan kepada Timnas Jepang.

=====
[KATEGORI]: Konten Palsu

=====
[SUMBER]: Youtube (https://ghostarchive.org/varchive/YIvPvxJ__sU)

=====
[NARASI]
TANGIS PECAH SEKETIKA! FIFA DAN AFC RESMI SANKSI TIMNAS JEPANG, INDONESIA AUTO LOLOS PIALA DUNIA NIH

=====
[PENJELASAN]:
Sebuah akun youtube dengan nama Timnas Pedia mengunggah sebuah video dengan klaim FIFA (Federasi Sepak Bola Internasional) dan AFC (Konfeserasi Sepak Bola Asia) resmi memberikan sanksi kepada Timnas Jepang pada 19 September 2024 yang berakibat pada lolosnya Indonesia pada kualifikasi Piala Dunia.

Namun, ketika disimak lebih lanjut, narasi yang disampaikan pada video tersebut tidak sesuai dengan klaim yang ditulis pada judul dan thumbnail video. Narator justru menyampaikan terkait Timnas Bahrain yang diberikan sanski oleh FIFA dikarenakan ulah suporternya yang mengarahkan laser hijau kepada pemain Timnas Jepang pada pertandingan 10 September 2024 lalu tanpa sedikitpun membahas mengenai Timnas Jepang. Hingga saat ini pun tidak ditemukan pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh FIFA dan AFC terkait pemberian sanksi kepada Timnas Jepang.

Selain itu, Timnas Jepang sendiri masih akan menghadapi Arab Saudi pada 11 Oktober dan Australia pada 15 Oktober serta pada 15 November Jepang akan bertamu ke Indonesia. Sehingga, klaim mengenai Timnas Jepang diberikan sanksi hingga berakibat Indonesia auto lolos Piala Dunia tidaklah benar.

=====
Referensi:
https://sport.detik.com/sepakbola/liga-indonesia/d-7536975/kualifikasi-piala-dunia-2026-jepang-masih-sempurna