[SALAH] Dialog dan Video “Hubungan Prabowo Gibran Pasca-polemik FufuFafa”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video yang ditampilkan tersebut merupakan pertemuan Prabowo dan Gibran pada 8 Juni 2024, sedangkan polemik fufufafa pertama kali beredar dan ramai dibicarakan pada akhir Agustus 2024. Pernyataan terkait Prabowo tidak ambil pusing mengenai polemik tersebut, ini disampaikan pertama kali oleh Sufmi Dasco.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.ph/02ps6

= = =

Narasi:

“Hubungan Prabowo Gibran pasca Polemik FufuFafa

■Gibran :  Izin menghadap pak :pray:

■Prabowo : Monggo2,  Ada apa? tumben

■ @gibran_tweet: sudah dengar Polemik adik Fufufafa?

■ @prabowo: Oh.. sudah2, gimana2

■GRR : Bagaimana Pendapat Bapak?

■PS: Saya tidak ambil Pusing &  tidak menganggap itu Mas G, andaikatapun itu Mas G , hal itu terjadi dalam ruang2 kontestasi, 2014 2019 saya berlawanan dengan Pak JKW, 2020 sy bagian dari Pemerintahan Blio, politik itu dinamis jadi jangan baperan dan jangan termakan jebakan

■GRR : Siap pak, mohon petunjuk dan arahan selanjutnya :pray:

■PS : Kita Fokus Bangun bangsa , yang baik dari pak JKW kita teruskan ,yang kurang kita tingkatkan, tapi jng lupa terus Berinovasi , sekali lagi Fokus wujudkan harapan rakyat karena itu jauh lebih penting dari pada mundur ke belakang  bahas Fufufafa , energi kita terbuang sia2”

= = =

Penjelasan:

Akun Twitter @Heraloebss membagikan gambaran dialog antara Prabowo dan Gibran setelah polemik akun Kaskus Fufufafa yang dinilai banyak menghina Prabowo di masa lalu. Dalam postingan tersebut juga menunjukkan video keduanya bertemu dan berbicara empat mata yang dapat diinterpretasikan merupakan bukti pertemuan mereka setelah postingan Kaskus Fufufafa viral.

Setelah ditelusuri, faktanya video tersebut merupakan video lama sebelum adanya polemik viralnya akun Kaskus Fufufafa yang diduga merupakan milik Gibran. Pakaian Prabowo dan Gibran dalam video pertemuan tersebut mirip dengan yang diberitakan Kompas.com pada saluran YouTubenya.

Dalam video tersebut disebutkan bahwa presiden dan wakil presiden terpilih bertemu di Hambalang pada 8 Juni 2024. Menurut Waketum Gerindra, Habiburokhman, pertemuan tersebut mungkin saja membahas formasi kabinet di masa pemerintahan mereka yang dimulai pada 20 Oktober 2024. Sedangkan menurut BBC News Indonesia, kemunculan postingan lama akun Kaskus Fufufafa tersebut beredar pertama kali sekitar akhir Agustus 2024.

Pertemuan terakhir mereka yang terekam kamera terjadi saat Gibran menghadiri penutupan Rapimnas Gerindra di Indonesia Arena, GBK, pada 31 Agustus 2024, seperti yang diberitakan Detik.com. Tidak ada informasi dari sumber valid yang menyebut bahwa mereka bertemu secara empat mata setelah itu, seperti yang diperkirakan dalam postingan itu.

Dengan demikian, pertemuan Prabowo dan Gibran setelah polemik akun Kasus Fufufafa yang diduga milik Gibran adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.bbc.com/indonesia/articles/c62mmkjeek0o

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240912183634-32-1143940/dasco-sebut-prabowo-tak-ambil-pusing-soal-akun-fufufafa

https://news.detik.com/berita/d-7518482/gibran-rakabuming-hadiri-penutupan-rapimnas-gerindra

= = =