[SALAH] Banjir Bak Lautan Sapu Bandung dan Bogor

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Klaim yang mengatakan banjir bak lautan sapu Bandung dan Bogor adalah tidak benar. Faktanya, banjir yang terjadi hanya sebabkan puluhan rumah warga di kecamatan Pabuaran Mekar, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor terendam. 

===========

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

===========

[SUMBER]: Youtube https://ghostarchive.org/varchive/7lpFOgJwqWg  (arsip)

===========

[NARASI]: “JAWA BARAT AMBLES!! BARU SAJA BANJIR BAK LAUTAN SAPU BANDUNG DAN BOGOR HARI INI, SEMUA TERKEJUT”

===========

[PENJELASAN]: 
Pada 26 September 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim banjir bak lautan sapu Bandung dan Bogor. 

Namun, setelah disimak isi dan video berbeda dengan judul yang diangkat. Narator dalam video hanya membacakan sebuah artikel yang diunggah oleh Okezone yang berjudul “Diguyur Hujan Deras, Puluhan Rumah di Cibinong Terendam Banjir”.

Artikel tersebut memberitakan mengenai puluhan rumah warga di kecamatan Pabuaran Mekar, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor terendam banjir. Banjir disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur dengan cukup lama. Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan banjir bak lautan sapu Bandung dan Bogor adalah tidak benar.

===========

 [REFERENSI] :
https://megapolitan.okezone.com/read/2024/09/25/338/3067649/diguyur-hujan-deras-puluhan-rumah-di-cibinong-terendam-banjir