[PENIPUAN] Gebyar Panen Hadiah Khusus Nasabah Bank BRI

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya Bank BRI tidak pernah secara resmi mengeluarkan informasi seperti klaim tersebut. Link yang disematkan juga terhubung dengan laman peringatan situs berbahaya dan juga tidak terhubung dengan laman resmi Bank BRI, yakni bri.co.id.

= = =

Kategori: Konten Tiruan

= = =

Sumber: Facebook

https://archive.ph/bfHup

= = =

Narasi:

“Halo Sobat BRI Khusus Nasabah BankBRI HADIAH UTAMA

1: 42 Unit Mobil PAJERO SPORT

2: 35 Paket Umroh Gratis

3: Uang Tunai

Dan masih banyak Hadiah Menarik Lainnya.!!!

Klik Tombol Daftar Di Pojok Kanan Bawah Untuk Cetak KUPON.!!! #BRImopoin #brimobuntukindonesia #BRImoMudahSerbaBisa #brimomudahserbabisa #brimo #brimobuntukindonesia #briliga1indonesia”

= = =

Penjelasan:

Sebuah postingan Facebook dari akun bernama “BRI KUP0N Undian” membagikan informasi yang menyebut bahwa khusus nasabah Bank BRI berkesempatan untuk mendapatkan hadiah utama di antaranya 42 unit mobil Pajero Sport, 35 paket umrah gratis, dan uang tunai caranya dengan mengunjungi link yang disematkan untuk cetak kupon.

Namun setelah dikunjungi link yang disematkan tersebut mengarah pada laman peringatan situs berbahaya, link tersebut juga tidak mengarah pada laman resmi Bank BRI, yakni bri.co.id.

Gambar yang digunakan dalam postingan tersebut juga merupakan gambar yang serupa dengan yang digunakan oleh postingan-postingan penipuan yang sebelumnya telah dibantah kebenarannya oleh Pemeriksa Fakta Mafindo di turnbackhoax.id.

Postingan semacam ini dengan iming-iming hadiah yang bombastis merupakan modus penipuan, masyarakat diharapkan untuk selalu berhati-hati dengan tidak mengikuti instruksi yang diberikan, apa lagi hingga memberikan data pribadi pada pihak yang tidak bisa dipercaya, termasuk mengisi data yang diminta pada link dari situs yang tidak resmi.

Dengan demikian, BRI memberikan hadiah berupa 42 unit mobil Pajero Sport, 35 paket umrah gratis, dan uang tunai adalah tidak benar dengan kategori Konten Tiruan.

= = =

Referensi:

= = =