[PENIPUAN] EVENT KUIS BERHADIAH UANG DARI GUCCI INDONESIA

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, Gucci tidak ada mengeluarkan informasi mengenai event kuis yang berhadiah sejumlah uang. Informasi mengenai Gucci hanya dapat diakses melalui media sosial Instagram dan X resmi yaitu @gucci. Selain itu, kontak resmi juga dapat dilihat melalui laman resminya gucci.com.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: FABRICATED CONTENT/Konten Palsu

=====
[SUMBER]: WHATSAPP
https://ghostarchive.org/archive/0Jmaq

=====
[NARASI]:

“Tujuan Event Gucci adalah untuk memperkenalkan brand International kepada masyarakat Indonesia agar brand tersebut bisa populer dipasar Indonesia, serta meningkatkan popularitas dan ketenarasn Gucci.

Jika Kuis hari ini diselesaikan Total cuan yang diterima 500.000-1.000.000 dan dapat kesempatan lanjut Acara besok hari yang tentunya dengan Cuan yang lebih besar

…. Silakan Kirim Jawaban nya kepada saya https://t.me/admlaylanourzahra di personal chat”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah narasi melalui media sosial Whatsapp, informasi mengatasnamakan merek fashion internasional yaitu Gucci Indonesia. Sebuah nomor (+62 838 5151 1537) yang menyebutkan dirinya sebagai admin, menyebarkan narasi yang berisi ajakan untuk mengikuti kegiatan kuis bertajuk “Event Gucci”. Informasi ini pun disebarkan dengan cara mengundang berbagai nomor ke dalam sebuah grup Whatsapp. 

Di dalam penjelasannya, admin tersebut menyebutkan bahwa setiap berkesempatan mendapatkan hadiah sebesar Rp60.000 jika berhasil menjawab dengan benar 2 pertanyaan yang telah ditampilkan. Total hadiah bisa mencapai angka Rp200.000-Rp500.000 setiap hari. Setiap peserta kemudian diarahkan untuk mengirim jawaban melalui tautan Telegram https://t.me/admlaylanourzahra.

Lalu apakah benar bahwa Gucci mengadakan sebuah event kuis dengan hadiah sejumlah uang?

Namun setelah melakukan penelusuran lebih lanjut mengenai informasi yang beredar melalui pesan Whatsapp tersebut, ditemukan fakta yang menunjukkan bahwa informasi yang disebarkan melalui grup tersebut adalah hoaks. Pasalnya, tidak ditemukan informasi mengenai event kuis yang diadakan oleh Gucci, apalagi yang menggunakan media sosial Whatsapp sebagai alat bantu komunikasi kepada para peserta.

Gucci diketahui hanya memiliki satu akun media sosial di Instagram dan X (@gucci), serta laman resmi (gucci.com) yang berisi informasi lengkap mengenai Gucci, termasuk tentang outlet penjualan yang tersebar di berbagai negara di dunia. Melansir dari laman resminya, jika mencari mengenai informasi Gucci di Indonesia, pembaca akan diarahkan pada 3 outlet yang berada di Jakarta. Setiap outlet pun disertai dengan nomor telepon sebagai nomor kontak resmi. Dari ketiga nomor yang terdapat di laman tersebut, tidak ada satupun nomor yang sama dengan nomor admin pada grup Whatsapp tersebut.

Penyebaran narasi melalui grup Whatsapp yang mengatasnamakan merek atau perusahaan terkenal merupakan penipuan yang pernah terjadi sebelumnya. Beberapa diantaranya pernah mengatasnamakan Tiktok, Sinarmas Sekuritas, dan Tokopedia.

Jadi dapat disimpulkan, grup Whatsapp yang mengatasnamakan Gucci dan event kuis dengan hadiah sejumlah uang, merupakan sebuah informasi penipuan. Informasi semacam ini dapat dikategorikan sebagai fabricated content atau konten palsu.

=====
[REFERENSI]:

https://www.gucci.com/sg/en_gb/store?name=Jakarta