[Belum Terbukti] Ubi Jalar Rebus Obat Demam Berdarah

Periksa fakta Sukma

Faktanya, hingga saat ini daun ubi jalar belum terbukti secara ilmiah mampu meningkatkan trombosit pasien demam berdarah.

=======
 [KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

========
 [SUMBER]: Facebook (https://ghostarchive.org/archive/ZQ4aO)

========
[NARASI]:
DBD (Demam Berdarah)
Obat herbal
Daun Ubi Jalar 1 ikat (500 gr) di rebus dengan 8 gelas air, menjadi 4 gelas air
Diminum 3 kali sehari
========
[PENJELASAN]:
Sebuah akun facebook pada 9 September 2024 mengunggah postingan dengan klaim rebusan daun ubi jalar dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati demam berdarah dengan cara diminimum sebanyak 3 kali sehari.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, belum ada uji klinis yang dapat memastikan efektivitas dari rebusan daun ubi jalar bagi pasien demam berdarah. Meskipun dalam Jurnal Penelitian Perawat Profesional ditemukan bahwa daun ubi jalar mengandung senyawa flavonoid dan tannin yang diklaim berpotensi meningkatkan trombosit tetapi penelitian tersebut belum dapat membuktikan manfaat rebusan daun ubi jalar untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah.

Hingga saat ini, pasien demam berdarah tetap lebih dianjurkan untuk mengonsumsi obat rekomendasi dokter untuk meredakan gejala-gejala dari penyakit tersebut. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa rebusan daun ubi jalar untuk demam berdarah masih belum bisa dibuktikan.

========

[REFERENSI]:
https://hellosehat.com/infeksi/demam-berdarah/daun-ubi-jalar-demam-berdarah/