[BELUM TERBUKTI] Menghilangkan Bau Mulut dengan Campuran Cengkeh, Pasta Gigi, Jeruk Nipis dan Minyak Kayu Putih

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau yang juga dokter spesialis gigi, drg. Sri Sadono Mulyanto klaim menghilangkan bau mulut dengan berkumur-kumur campuran cengkeh, pasta gigi, jeruk nipis dan minyak kayu putih adalah tidak benar. Belum ada penelitian ilmiah tentang hal tersebut.

===========

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/PUY4u (arsip)

===========

[NARASI]: “BAU MULUT AKIBAT SERING SAKIT GIGI bisa teratasi dengan resep ini!”

===========

[PENJELASAN]:
Artikel disadur dari Tempo.
Beredar unggahan di media sosial Facebook membagikan video berisi klaim tentang penyembuhan bau mulut dengan mencampurkan pasta gigi, cengkeh perasan jeruk nipis dan dua tetes minyak kayu putih. Narator dalam video menyarankan untuk mencampurkan bahan-bahan tersebut ke dalam air panas. Setelah itu, bahan-bahan tersebut digunakan untuk berkumur agar bakteri penyebab bau mulut hilang dan tidak mudah sakit gigi.

Dilansir dari Tempo,Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau yang juga dokter spesialis gigi, drg. Sri Sadono Mulyanto, M.Han., mengatakan bahwa campuran cengkeh, pasta gigi, jeruk nipis dan minyak kayu putih tidak dikenal dalam dunia kedokteran gigi sebagai ramuan untuk menghilangkan bau mulut. Belum ada penelitian ilmiah tentang hal tersebut.

“Kalau cengkeh memang ada kandungan yang bisa meredakan sakit gigi. Tapi kalau campuran odol, minyak kayu putih belum ada penelitian ilmiah bisa menghilangkan bau mulut,” kata Sri Sadono kepada Tempo, Sabtu, 20 September 2024.

Melalui penelusuran tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim menghilangkan bau mulut dengan berkumur-kumur campuran cengkeh, pasta gigi, jeruk nipis dan minyak kayu putih adalah tidak benar.

===========

 [REFERENSI] :
https://cekfakta.tempo.co/fakta/3131/keliru-klaim-menghilangkan-bau-mulut-dengan-campuran-cengkeh-pasta-gigi-dan-minyak-kayu-putih