[SALAH] Baru Saja Air Laut Naik Bak Tsunami Sapu Pantai Utara, Jawa Tengah

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Tidaklah benar pernyataan di atas. Isi dan judul tidak ada kesesuaian. Narator dalam video di atas hanya berbicara mengenai banjir rob yang menggenangi sejumlah wilayah di Pekalongan Jawa Tengah.

====
[KATEGORI] Konten palsu

====
[SUMBER] Youtube
https://ghostarchive.org/varchive/gPvSlg0nBdI

====
[NARASI] Video Full: Baru Saja Air Lait Naik Bak Tsunami Sapu Pantai Utara, Jateng 23-9-2024, semua tersapu

====
[PENJELASAN]
Beredar unggahan di Youtube mengatakan bahwa air laut di Pantai Utara Jawa Tengah naik hingga mirip dengan tsunami. Video ini diunggah oleh akun Youtube bernama Alexa Tv pada 23 September 2024.

Setelah dilihat video keseluruhan, isi video berbeda dengan judul yang diangkat. Narator dalam video hanya berbicara mengenai banjir rob yang kembali melanda wilayah Pekalongan Jawa Tengah. Narator dalam video ini juga tidak menyampaikan bahwa banjir tersebut mirip dengan tsunami. Pemeriksa fakta mencoba mencari artikel yang mengabarkan berita tentang banjir rob di Pekalongan pada 23 Spetember 2024.

Dilansir dari http://rmoljawatengah.id, banjir yang melanda Pekalongan akibat hujan lebat pada Minggu (22/09) petang sehingga pada Senin (23/09) dini hari, sejumlah jalan di Kota Pekalongan tergenang banjir. Selain itu, dalam video di atas juga disertakan tangkapan layar artikel yang diketahui terdapat dalam laman http://borneonews.co.id. Artikel ini memuat tentang pemerintah Pekalongan melakukan optimasi pengoperasian rumah pompa untuk atasi banjir. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa unggahan yang mengatakan air laut naik bak tsunami menyapu Pantai Utara tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://www.rmoljawatengah.id/sejumlah-ruas-jalan-di-kota-pekalongan-tergenang

https://www.borneonews.co.id/berita/379780-pemerintah-kota-pekalongan-optimalkan-rumah-pompa-cegah-banjir